PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1229Keywords:
Project Based Learning (PjBL), Keterampilan sosial, Hasil belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi sejauh mana model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan sosial serta hasil belajar matematika peserta didik. Pokok bahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penyajian data dalam bentuk diagram, yang diajarkan kepada peserta didik kelas X di SMAS Katolik Mariana Medan pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan satu kelas sebagai sampel berjumlah 30 peserta didik, yang diperoleh melalui teknik total sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan model Project Based Learning (PjBL). Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket untuk menilai Keterampilan sosial, tes untuk mengukur Hasil belajar Matematika, serta lembar observasi sebagai instrumen pendukung.Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,00, yang berada di bawah taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan sosial dan Hasil belajar Matematika peserta didik pada materi penyajian data dalam pembelajaran berbasis diagram di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan sosial sebesar 86% dan terhadap Hasil belajar Matematika peserta didik sebesar 87%.
Downloads
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 202. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V2i2.8561
Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik: Dampak Pjbl-Stem Pada Materi Ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 7(2), 158–170. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V7i2.42441
Dewi, S. S., Acesta, A., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Di Kelas. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Evitasari, A. D., & Nurjanah, T. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar Ipa Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri Petarangan. Prosiding Seminar Nasional Pgsd Ust, 1(1).
Fatimah, P., & Makki, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Of Classroom Action Research, 5(Specialissue), 51–57.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Ip.V10i1.17642
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180
Kamaruddin, I., Subrayanti, D., Viktor Purhanudin, M., Amri, N., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Bina Insani Sakti, A., & Sri Sudewi Maschun Sofwan Kawasan Sentiong Kec Sungai Bungkal, J. D. (2024). Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis. Journal On Education, 06(03), 17734–17743.
Kreatif, B., Dan, M., & Sosial, K. (2024). Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika. 4.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills And Creativity Journal, 3(1), 18–27. Https://Doi.Org/10.23887/Tscj.V3i1.24661
Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Menggunakan Model Inkuiri Dan Project Based Learning (Pjbl) Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43–49. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v28i12019p043
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119.
Mangkurat, L. (2024). Hasil Belajar Matematika Dan Motivasi Belajar Siswa Serta Aktivitas Guru Dalam Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning , Rhealistic Mathematic Education Dan Snowball Throwing Mathematics Learning Outcomes And Student Learning Motivation And Te. September, 131–143.
Meriza, D., Mulbasri, A. S., & Nurhayati. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xi. 5 Sma Negeri 15 …. Jurnal Sinar Edukasi, 04(03), 23–30.
Misidawati, D. N., Ernawati, F. Y., & Shofwani, S. A. (2021). Penerapan Model Project Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajarmata Kuliah Public Relationdi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(4), 2005–2012. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i4.1757
Nasution, N. L. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pos Pemeriksa Rantauprapat. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 2(2), 143–151. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V2i2.1555
Ningrum, A. P., Tindangen, M., & ... (2023). … Kemampuan Literasi Peserta Didik Dengan Menggunakan Adaptasi Model Project Base Learning (Pjbl), Problem Based Learning (Pbl), Kooperatif, Dan Soal Hots …. … Seminar Nasional Ppg …, 73–80.
Pramesti, D., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2022). Effectiveness Of Project Based Learning Low Carbon Stem And Discovery Learning To Improve Creative Thinking Skills. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3(3), 444–456. Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V3i3.156
Rahayu, D., Muttaqien, M., & Solikha, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, 1(2), 234–246. Https://Doi.Org/10.60132/Edu.V1i2.149
Rahmanuddin, F., Sudarmiatin, S., & Wahjoedi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipetwo Stay Two Stray Dengan Outdoor Study Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Ipa Pada Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1269. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V6i8.14959
Rismawati, Idawati, & Fitri Yanty Muchtar. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ips Murid Sd Inpres 5/81 Ponre-Ponre Kabupaten Bone. Jkp: Jurnal Pendidikan Khasanah, 2(1), 120–126. Https://Doi.Org/10.58738/Jkp.V2i1.218
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. Https://Doi.Org/10.55623/Au.V2i1.18
Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect Of Project-Based Learning Assisted By Electronic Media On Learning Motivation And Science Process Skills. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 1(1), 22–29. Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V1i1.5
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4390
Silvia Masithoh, A., & Wijayanti, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Garis Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas Iv Sd. 7(1), 1–7.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.
Sukmawati, E., Imanah, N. D. N., & Rantauni, D. A. (2023). Implementation And Challenges Of Project-Based Learning Of Steam In The University During The Pandemic: A Systematic Literature Review. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1). Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V9i1.25177
Suriani, A. I. (2021). Kontinuitas Dan Perubahan Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar Secara Keterampilan Sosial Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(9), 1474. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V6i9.15019
Utami, S., & Pitra, D. H. (2023). Pembentukan Civic Skill Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 186–193. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V8i1.1219
Vegetari, A. G., Widiati, U., & Soetjipto, B. E. (2021). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Penerapan Model Fan N Pick Dan Inside Outside Circle Di Sekolah Dasar. State University Of Malang.
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 2(1), 47. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsi.V2i1.17222
Yuliana, C. (2020). Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna Di Masa Pandemi Covid 19. Accessed On Http://Lpmplampung. Kemdikbud. Go. Id/Po-Content/Uploads/Pjbl-Edit_Cecil_052020. Pdf.
Yunita, Y. (2023). Pengaruh Penyesuaian Sosial, Dukungan Sosial Dan Keterampilan Sosial Sebagai Moderator Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Di Sekolah. Indonesian Journal Of Social Science Education (Ijsse), 5(1), 41–50.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten