PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.1260Keywords:
HOTS, Video pembelajaran interaktif, Organ pernapasan, R&DAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya Aktivitas Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas VIII di sekolah UPTD SMP Negeri 2 Pematangsiantar.Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di sekolah UPTD SMP Negeri 2 Pematangsiantar.. Subjek penelitian adalah sampel penelitian yang dilaksanakan berjumlah 93 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, dan kuisioner untuk melihat perbandingan Hasil belajar selama proses pembelajaran IPS di dalam ruangan kelas.Teknik analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu Uji instrument dan Teknik pengumpulan data, Teknik analisis data, dan uji hipotesis.Berdasarkan koefisien determinasi (R2) maka diperoleh nilai Adjusted R Square (Adalah sebesar 0,703) yang berarti pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel Y sebesar 70%, hal ini dapat menunjukkan bahwa variabel Aktivitas Belajar (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel dependen ( Hasil Belajar)dalam sekolah UPTD SMP Negeri 2 Pematangsiantar sebesar 70% sedangkan sisanya sebesar 30% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa dengan Aktivitas Belajar dan Kecerdasan Emosional dapat meningkatkan Hasil belajar IPS Kelas VIII Di Sekolah UPTD SMP Negeri 2 Pematangsiantar.
Downloads
References
Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.209
Anugraini, A. P., & Muflihah, M. (2021). Penerapan Student Team Achievement Divisions (Stad) Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 4(1), 31–37. Https://Doi.Org/10.33503/Prismatika.V4i1.1410
Arafa, S., Mursalim, M., & Ihsan, I. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd Negeri 26 Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 47–54. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V4i1.2061
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15–31.
Ismiyati, T. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 1(2), 10–18. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47239/Jgdd.V1i2.74
Khozim, I., Arief, Z. A., & Wibowo, S. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Intelejen Di Spn Polda Metro Jaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 44. Https://Doi.Org/10.32832/Tek.Pend.V10i1.3996
Kurnia, H. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Academy Of Education Journal, 10(01), 1–21. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V10i01.267
La Sitiman, H. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 1 Sungguminasa. Kamboti Journal Of Education Research And Development (Kjerd), 1(1), 1–13.
Laviyanto, N. A., Syaifullah, M., & Jaenullah, J. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Sma Ma’arif Bumirestu Palas Lampung Selatan. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 52–57. Https://Doi.Org/10.33648/Alqiyam.V3i1.186
Mbagho, H. M., & Tupen, S. N. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Basicedu, 5(1), 121–132. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.632
Mustafa, P. S., & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Melalui Model Pakem Dalam Permainan Bolavoli Pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–56. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V6i1.6255
Nurhartina, A., & Torobi, I. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Pgri Serui. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V3i1.667
Patimbangi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Pola Asuh Demokratis, Dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Sikap Remaja. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 391–406. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25217/Ji.V3i2.339
Pidrawan, I. G. A., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Yang Diampu Oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia Di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75–86. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Bahasa.V11i1.973
Prema Swandewi, N. P., Wisna Ariawan, I. P., & Gede Erni Sulindawati, N. L. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Literasi Digital, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sosial Teknologi, 4(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V4i1.1094
Rahmawati, S., & Dadi, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Komponen Ekosistem. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).
Rambe, N. A. P., Hasanah, U., & Chairunnisa, N. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Mia Man 3 Medan T.P. 2017/2018. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2). Https://Doi.Org/10.24114/Jpp.V6i2.10145
Riandini, P. V. A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. (2020). Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ppkn. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 468–478. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V8i3.26072
Sabil, Q. M., Wadi, H., & Suud, S. (2023). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Berbantuan Media Video Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal Of Classroom Action Research, 5(Specialissue), 82–87.
Saleh, M., & Woro Andhini, L. W. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Wahana, 73(2), 236–247. Https://Doi.Org/10.36456/Wahana.V73i2.5539
Saputra, R., & Barikah, A. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 60. Https://Doi.Org/10.31602/Rjpo.V4i1.4985
Saputra, Y. (2021). Pengunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Materi Pengaruh Perkembangan Agama Dan Kebudayaan Hindu-Buddha. Almufi Journal Of Measurement, Assessment, And Evaluation Education, 1(2), 95–105.
Sari, K. E. A., Arya, L., & Syanti, W. R. (2022). Benarkah Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Penting? Studi Adaptabilitas Karir Pada Fresh Graduate. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(3), 585–595.
Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V4i2.4473
Siregar, L. H., & Nurhasan Syah, M. P. (2019). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Praktek Batu Beton Siswa Di Smk Negeri 1 Bukittinggi. Cived, 6(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Cived.V6i2.104963
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pakem. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V1i3.33
Susanti, A. D., Hasyim, A., & Nurmalisa, Y. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Gadget Dalam Aktivitas Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(10).
Susilowati, E. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Melalui Model Realistic Mathematic Education (Rme) Pada Siswa Kelas Iv Semester I Di Sd Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 44. Https://Doi.Org/10.29407/Pn.V4i1.12494
Vhalery, R. (2019). Perbandingan Aktivitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Numbered Head Together. Research And Development Journal Of Education, 6(1), 80. Https://Doi.Org/10.30998/Rdje.V6i1.4172
Wigati, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Paikem Dengan Teknik Communicative Drilling Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 499–509. Https://Doi.Org/Https://Jayapanguspress.Penerbit.Org/Index.Php/Cetta/Article/View/550
Witri, A. A., & Muslikah, M. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karier Siswa Smk. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 8(1), 25–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/S-Jpu.V4i1.20474
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten