PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS SISWA KELAS VI SD

Authors

  • YULFRIDA YULFRIDA SD Negeri 190/VIII Perintis

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.776

Keywords:

Proses Pembelajaran, Tematik Terpadu, Model Kooperatif, Tipe Pair Checks

Abstract

Permasalahan Siswa kurang terbiasa untuk memecahkan masalah yang diberikan, Siswa kurang menguasai modul kegiatan belajar mengajar yang diajarkan oleh guru, perihal ini diakibatkan kala guru menerangkan modul kegiatan belajar mengajar, adanya sebagian siswa belum terfokus kepada penyampaian materi, sehingga proses tersebut menjadikan teacher centered bukan student centered. Siswa kurang terbiasa melakukan diskusi dalam pembelajarannya. Tujuan riset ini untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar tematik terstruktur memakai materi kooperatif jenis pair checks. Riset yang dicoba ini ialah riset PTK. Planning, action, observation and evaluation, serta melaksanakan reflecting, serta berikutnya sehingga koreksi ataupun kenaikan yang diharapkan berhasil (patokan kesuksesan). Informasi riset ini digabungkan dengan metode pemantauan, serta pemilihan, Instrumen yang hendak dipakai dalam riset ini merupakan: lembar pemantauan, serta pemilihan. Informasi yang didapat dalam riset dianalisis dengan memakai analisa informasi kualitatif serta kuantitatif. Hasil riset Kegiatan belajar mengajar Tematik Terstruktur dengan Memakai Bentuk Kooperatif Jenis Pair Checks didapat angka 24 dari angka maksimum 28 serta persentase 86, 71% pada daur I patokan bagus. Pada daur II persentase kesuksesan telah amat bagus yaitu 99%.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 24 times

References

Aleksa, T. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik melalui In hOuse Training di SDK Diller. Jurnal Serambi Akademica. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1517

Arifin, S., & Aprisal, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9974

Arikunto, S. (2013). Prosedure Penelitian. Rineka Cipta.

Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (Pakem). Al-Ta Lim Journal, 20(1), 278–284. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.24

Halek, D. H. (2019). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filosafi. Jurnal Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi. https://doi.org/10.32663/georaf.v3i2.567

Juanda, A. (2019). Pembelajaran Kurikulum Tematik Terpadu: Teori & Praktik Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Landasan Filosofis, Psikologis dan Pedagogis. In CV. Confident.

Karli, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v2i1.2752

Luthfi, M. R. A., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3902

Nazri, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2160

Patmanidar. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE ( TPS ) DI SEKOLAH DASAR. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 79–90.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil belajar. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Redasi, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.40036

Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK (RELIGIUS, JUJUR, DAN (DISIPLIN) MELALUI PENCAK SILAT. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31

Widiani, N. L. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33312

Published

2022-12-31

How to Cite

YULFRIDA, Y. (2022). PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS SISWA KELAS VI SD . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 248–258. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.776

Issue

Section

Articles