Efektivitas Media Animasi Terhadap Pembelajaran Sprechfertigkeiten Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1074Kata Kunci:
Media Animasi, Hasil Belajar Bahasa Jerman, SprechfertigkeitenAbstrak
Peranan pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran memegang peranan sangat penting sebagai inovator atau agen perubahan dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan belajar, khususnya berkaitan dengan penanaman keterampilan, pendidik perlu mengembangkan dan mengkreasikan proses pembelajaran. Salah satu pemanfaaatan teknologi yang dapat dilakukan adalah penggunaan media animasi dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Sprechfertigkeiten dengan menggunakan media animasi. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian adalah penelitian eksperimen deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Semester 3 (tiga) Tahun Ajaran 2022/2023 FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar sesuai dengan materi yang diajarkan pada pembelajaran Sprechfertigkeiten. Prosedur penelitian ini yaitu tes hasil belajar mahasiswa untuk mendapatkan perbedaan hasil belajar mahasiswa sesudah menggunakan media animasi. Hasil penelitian ini menunjukan nilai hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Sprechfertigkeiten dengan media animasi. Hal ini dapat diketahui dari rerata hasil belajar mahasiswa yang meningkat (x = 83.90) dibanding dengan hasil belajar mahasiswa sebelum menggunakan Media Animasi learning (x = 70.27).
Unduhan
Referensi
Achmad, A. K., Saleh, N., Usman, M., & Syaputra, A. F. (2019). Media Moodle dalam Pembelajaran Menulis Forumsbeitrag Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Seminar Nasional LP2M UNM.
Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 4(1), 93–116.
Ayuwandira, A. H., Rambitan, S., & Mandolang, N. O. (2021). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Lirik Lagu Kelompok Musik “Kraftklub.” JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 23.
Barbara, N. K. R., & Bayu, G. W. (2022). Powtoon-Based Animated Videos as Learning Media for Science Content for Grade IV Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39821
Bedenlier, S., Kondakci, Y., & Zawacki-Richter, O. (2018). Two decades of research into the internationalization of higher education: Major themes in the Journal of Studies in International Education (1997-2016). Journal of Studies in International Education, 22(2), 108–135.
Behnamnia, N., Kamsin, A., & Ismail, M. A. B. (2020). The landscape of research on the use of digital game-based learning apps to nurture creativity among young children: A review. Thinking Skills and Creativity, 37, 100666.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Dalle, A., & Achmad, A. (2018). IMPLEMENTASI BUKU AJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT). Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, 153–164.
Graefen, G., & Liedke-Göbel, M. (2020). Germanistische Sprachwissenschaft: Deutsch als Erst-, Zweit-oder Fremdsprache. utb GmbH.
Harianto, H., Dalle, A., & Anwar, M. (2021). Pengaruh pembelajaran kooperatif dan gaya belajar terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman mahasiswa. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 2(1), 49–56.
Hasrar, H., Dalle, A., & Usman, M. (2018). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Bahasa Jerman Siswa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(2), 32–40.
Hidayat, D., Anisti, P., & Wibawa, D. (2020). Crisis management and communication experience in education during the covid–19 pandemic in indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(3), 67–82.
Jenkins, E., D’Aoust, R., Elias, S., Han, H. R., Sharps, P., & Alvarez, C. (2021). Faculty peer review of teaching taskforce: A quantitative descriptive research study for the peer review process. Nurse Education Today, 106, 105055.
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 39–44.
Kurniawati, N. (2020). CREATING LOW-COST ANIMATION VIDEO USING ONLINE PLATFORM: A LEARNING MEDIA USER REVIEW. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 9(1), 26. https://doi.org/10.22146/jpki.53166
Kustyarini, K., Utami, S., & Koesmijati, E. (2020). THE IMPORTANCE OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA IN A NEW CIVILIZATION ERA. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2). https://doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3298
Lovantika, E. (2022). Penerapan Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaaan Kosakata Siswa Kelas VII SMPN 43 Jakarta Selatan. SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1.
Mielikäinen, M. (2022). Towards blended learning: Stakeholders’ perspectives on a project-based integrated curriculum in ICT engineering education. Industry and Higher Education, 36(1), 74–85. https://doi.org/10.1177/0950422221994471
Muchtar, H. S., & Firmansyah, R. (2023). Hypothetical Model of ICT-Based Learning Media Management in Non-Formal Education. Proceedings of the 4th International Conference on Law, Social Sciences, and Education, ICLSSE 2022, 28 October 2022, Singaraja, Bali, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.28-10-2022.2326345
Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A literature review on impact of COVID-19 pandemic on teaching and learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133–141.
Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Selviana, Y., Mannahali, M., & Dalle, A. (2020). Hubungan antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa. Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 1(2), 148–152.
Simanjuntak, T. A., & Purba, L. (2022). Efektivitas Aplikasi Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Schriftlicher Ausdruck Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jerman. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2324–2330. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2487
Titaley, A. G. (2017). Interaksi pembelajaran bahasa Jerman di tingkat SMA dengan pemelajaran mobile. Jurnal Linguistik Terapan, 44–51.
Tomasouw, J., Serpara, H., & Nikijuluw, M. M. (2022). BAHASA JERMAN SEBAGAI JEMBATAN BERKARIR DI JERMAN. J-Gefüge (German Für Gesellschaft), 1(1), 1–8.
Usman, M., Maukafeli, S. N. E., & Achmad, A. K. (2022). Implementasi Strategi Active Learning Dalam Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman. Phonologie: Journal of Language and Literature, 2(2). https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i2.35292
Wahyuni, S., Asri, W. K., & Burhanuddin, B. (2020). Aplikasi Duolingo dalam Peningkatan Kosakata Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 1(2). https://doi.org/10.26858/.v1i2.37395
Wahyuningtyas, D., & Kurniawan, A. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Teknik Cekikan Judo (Shime Waza) Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 4(4), 338–346. https://doi.org/10.17977/um062v4i42022p338-346
Widyasari, N., & Mastura, L. I. (2020). Improving Geometry Thinking Ability through Augmented Reality Based Learning Media. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 9(1), 80. https://doi.org/10.24235/eduma.v9i1.5304
Windiyani, T., Boerieswati, E., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2019). Improve Indonesian Language Writing Skills using Educational Multimedia Games for Elementary School Students. International Conference on Education, Language, and Society.
Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2019). HOTS profile of physics education students in STEM-based classes using PhET media. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 32021. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032021
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten