Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Peningkatan Hermeneutika Materi Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Adiyono Adiyono STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot, Paser, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Muhammad Rusdi STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot, Paser, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Yuni Sara STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot, Paser, Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1048

Kata Kunci:

Interpretasi, Peran Guru, PAI, Meningkatkan, Hermeneutika

Abstrak

Pada umumnya Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang mengarah dan mengajarkan pada nilai-nilai Agama Islam dan target utamanya adalah peserta didik yang sedang menempuh dunia pendidikan baik formal nonformal serta informal. Pentingnya peran guru PAI untuk mencapai tujuan pembelajaran Agama Islam yang menciptakan peserta didik berintelektual yang bukan hanya di bidang pengetahuan umum melainkan juga dalam bidang pendidikan Agama Islam. Menjadikan guru PAI memiliki tanggung jawab secara moral dan profesional dalam meningkatkan hermeneutika materi pembelajaran bagi para siswa. Dalam hal ini kami ingin membahas mengenai peran guru PAI terhadap hemeneutika materi pembelajaran SDIT Al Khawarizmi Tanah Grogot. Bagaimana  cara meningkatkan hemeneutika pada peserta didik terhadap materi dalam pengelolaan pembelajaran yang diimplementasikan oleh pendidik terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan wawancara (interview) kepada beberapa peserta didik dan guru PAI. Hasil penelitian ini ingin menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan hermeneutika materi pembelajaran pada siswa SDIT Alkhawarizmi sudah sangat baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiyono. (2020). UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS X AGAMA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PASER. Cross-Border, 3(1), 224–243.

Adiyono, A. (2021). Implementasi Pembelajaran : Peluang dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar di Muara Komam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 5017–5023. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1535

Alwafi Ridho Subarkah. (2018). RELEVANSI TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Nhk技研.

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PENDIDIKAN. Attadib: Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014.

At, S., & Saw, R. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Tuntunan. … of Education and ….

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954

Cholid Abdurrohman, M. (2022). Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.524

Mubaroq, A. I., Maulana, A., & Basri, H. (2020). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN. TAMADDUN. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v20i2.1305

Saiwanto, S., Alghiffar Alwlid, M., Haris, A., & Rizal Yazid, S. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Sosial Sains. https://doi.org/10.36418/jurnalsosains.v2i9.481

Salasiah, S. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN RUTINITAS. E-CHIEF Journal. https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372

Sanjani, M. A. (2020). TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287

Saroh, D., & Uswatusolihah, U. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa SD Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi. Jurnal Abdimas PHB.

Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Adiyono, A., Rusdi, M. ., & Sara, Y. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Peningkatan Hermeneutika Materi Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 458–464. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1048

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.