Peran Guru Pendidikan Agama Islam: Peningkatan Hermeneutika Materi Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1048Kata Kunci:
Interpretasi, Peran Guru, PAI, Meningkatkan, HermeneutikaAbstrak
Pada umumnya Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang mengarah dan mengajarkan pada nilai-nilai Agama Islam dan target utamanya adalah peserta didik yang sedang menempuh dunia pendidikan baik formal nonformal serta informal. Pentingnya peran guru PAI untuk mencapai tujuan pembelajaran Agama Islam yang menciptakan peserta didik berintelektual yang bukan hanya di bidang pengetahuan umum melainkan juga dalam bidang pendidikan Agama Islam. Menjadikan guru PAI memiliki tanggung jawab secara moral dan profesional dalam meningkatkan hermeneutika materi pembelajaran bagi para siswa. Dalam hal ini kami ingin membahas mengenai peran guru PAI terhadap hemeneutika materi pembelajaran SDIT Al Khawarizmi Tanah Grogot. Bagaimana cara meningkatkan hemeneutika pada peserta didik terhadap materi dalam pengelolaan pembelajaran yang diimplementasikan oleh pendidik terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian ini menggunakan wawancara (interview) kepada beberapa peserta didik dan guru PAI. Hasil penelitian ini ingin menunjukkan bahwa upaya guru PAI dalam meningkatkan hermeneutika materi pembelajaran pada siswa SDIT Alkhawarizmi sudah sangat baik.
Unduhan
Referensi
Adiyono. (2020). UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS X AGAMA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PASER. Cross-Border, 3(1), 224–243.
Adiyono, A. (2021). Implementasi Pembelajaran : Peluang dan Tantangan Pembelajaran Tatap Muka Bagi Siswa Sekolah Dasar di Muara Komam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 5017–5023. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1535
Alwafi Ridho Subarkah. (2018). RELEVANSI TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Nhk技研.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK MELALUI PROSES PENDIDIKAN. Attadib: Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.926
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014.
At, S., & Saw, R. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Tuntunan. … of Education and ….
Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604
Bhughe, K. I. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan. https://doi.org/10.24114/jk.v19i2.36954
Cholid Abdurrohman, M. (2022). Perencanaan Kurikulum Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.524
Mubaroq, A. I., Maulana, A., & Basri, H. (2020). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN. TAMADDUN. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v20i2.1305
Saiwanto, S., Alghiffar Alwlid, M., Haris, A., & Rizal Yazid, S. (2022). Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Sosial Sains. https://doi.org/10.36418/jurnalsosains.v2i9.481
Salasiah, S. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN RUTINITAS. E-CHIEF Journal. https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372
Sanjani, M. A. (2020). TUGAS DAN PERANAN GURU DALAM PROSES PENINGKATAN BELAJAR MENGAJAR. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287
Saroh, D., & Uswatusolihah, U. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa SD Melalui Program Bimbingan Belajar Pada Masa Pandemi. Jurnal Abdimas PHB.
Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten