PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMA

Penulis

  • Depi Marliani Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Hanifah Hanifah Universitas Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1202

Kata Kunci:

PBL, Saintifik, TPACK, Literasi Matematika

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen desain). Penelitian ini  dilaksanakan di SMA Negeri 1 Empat Lawang dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA berjumlah 138 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA  1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 peserta didik dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik simple random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1). terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik berbasis TPACK dan pembelajaran konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa, yaitu nilai sig < 0,001.  2). terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbasis TPACK dan pembelajaran konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa, yaitu nilai sig < 0,001.  3.) terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal pemecahan masalah siswa terhadap kemampuan akhir pemecahan masalah siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK dengan nilai si < 0,001.  4). terdapat pengaruh linear kovariat kemampuan awal literasi matematika terhadap kemampuan akhir literasi matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik berbasis TPACK, dengan nilai sig < 0,001.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203.

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Dian. (2019). Pembelajaran Matematika Realistik, Pembelajaran Matematika Biasa, Berpikir Logis. ???????????? ?????????? ????, 13(1), 1–14.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 13(2), 187–200.

Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY, 4(1), 713–720.

Herman. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(1), 3.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Nurmainar, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Time Token Pada Siswa Kelas XI IPA.5 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4375–4381.

Putri. (2021). Analisis Peran Guru dan Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Jam’iyyatul Ihsan Pakis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 367–373.

Putri, K., Inggit, D., & Roichan, P. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya 1. 12(1), 1–9.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Zainal, N. F. (2022). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Bobotsari. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593.

Zebua, T. G. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 68–76.

Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan keterampilan Abad ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, 1(2), 1–19.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Marliani, D., Haji, S. ., & Hanifah, H. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 982–990. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1202

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.