PENTINGNYA PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PERKEMBANGAN KARIR PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1299Kata Kunci:
Pengembangan Karir, Bimbingan Karir, Anak Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru bimbingan dan konseling dalam membantu siswa mengembangkan pemahaman tentang pilihan karir mereka, serta menganalisis efektivitas program bimbingan dan konseling dalam memfasilitasi pengembangan karir siswa di tingkat sekolah dasar. Metode Narrative Review digunakan karena keunggulannya dalam menyusun ringkasan pengetahuan yang ada, mengidentifikasi kesenjangan, dan memfasilitasi inovasi dalam penelitian ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk pemahaman karir siswa di sekolah dasar, dengan menerapkan pendekatan holistik, menggunakan media efektif, dan mengadopsi inovasi dalam bimbingan karir. Pendekatan holistik menekankan pentingnya mempertimbangkan faktor internal dan eksternal dalam pembentukan pemahaman karir siswa. Media yang tepat dan efektif, seperti papan bimbingan dan teknologi informasi, juga membantu siswa memperluas wawasan karir mereka. Inovasi dalam bimbingan karir oleh guru bimbingan dan konseling, khususnya untuk mengembangkan Kesadaran Karir di Era Revolusi Industri 4.0, menjadi fokus utama. Teknik seperti curriculum infusion, group activities, dan community involvement digunakan untuk mempersiapkan siswa dengan baik menghadapi tantangan karir di masa depan. Dengan menerapkan pendekatan holistik, memanfaatkan media dengan bijak, dan terus berinovasi dalam metode bimbingan karir, siswa sekolah dasar diharapkan dapat memiliki kesiapan yang optimal untuk bersaing di masa depan.
Unduhan
Referensi
Ameliani, L., Kiswantor, A., Lestari, I., & Richma Hidayati, D. (2022). Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 2022 Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas 3 Sdn 4 Bategede. Jurnal Bimbingan Dan Konseling., 216–221.
Andriani, M. W. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 68–77. https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13604
Ferrari, R. (2015). Writing narrative style literature reviews. Medical Writing, 24(4), 230–235. https://doi.org/10.1179/2047480615Z.000000000329
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2005). Designing, implementing, and managing a comprehensive school guidance and counseling program. In Contemporary school counseling: Theory, research, and practice (In C. A. S). Boston: Houghton Mifflin.
Lidyasari, A. T. (2019). Inovasi Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Career Awareness Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4 . 0. Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia, April, 47–53.
Nenden Tia Pramtiana. (2018). Pengembangan Media Boneka Jari Untuk Pengenalan Karir Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Di Sd Muhammadiyah Wonokromo Ii Developing Fingers Puppets Media for Career Introduction for Early Graders of Elementary Schools in Muhammadiyah Wonokromo Ii. 415–425.
Nugraha, Hendriana, H., & Suherman, M. M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA CAREER FLASHCARD TERHADAP PERENCANAAN KARIER SISWA DI SMPN 3 NGAMPRAH. FOKUS, 7(1), 54–60. https://doi.org/10.22460/fokusv7i1.11331
Pidarta, M. (2000). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahim, M., Hulukati, W., & Madina, R. (2021). Bimbingan Karir bagi Anak Usia Dini. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(2), 93–100. https://doi.org/10.37411/jgcj.v2i2.791
Rohmah, U. (2018). Bimbingan Karir untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 262. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.473
Sholikin, S., Zumrotun, E., Sabarudin, S., & Nisak, I. (2024). Pola Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 78. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2767
Sukadari, S. (2021). Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Sangat Dibutuhkan. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 67–74. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1204
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten