PENERAPAN MEDIA JAM UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR MABHAMBAWA (STUDI KOLABORATIF GERAKAN NUMERASI SEKOLAH)
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1328Kata Kunci:
Media Jam, Numerasi, Sekolah DasarAbstrak
Kajian ini didasarkan pada rendahnya tingkat numerasi siswa sekolah dasar yang diamati dan diwawancarai selama pelaksanaan program Kampus Mengajar angkatan keenam. Situasi ini diduga disebabkan oleh kegiatan numerasi yang belum optimal dan kurangnya pemanfaatan sumber belajar yang autentik. Kajian ini bertujuan untuk meningkatkan numerasi menggunakan media jam bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil implementasi media jam menunjukkan bahwa 89% siswa telah memahami konsep waktu, sementara 11% masih belum memahaminya. Peningkatan sebelum dan sesudah implementasi media jam adalah sebesar 66%. Peningkatan signifikan ini menegaskan pentingnya penggunaan media visual dan interaktif dalam meningkatkan numerasi siswa sekolah dasar
Unduhan
Referensi
Aini, S. N., & Agnita Siska Pramasdyahsari. (2023). Pendampingan Simulasi Asesmen Kompetensi Minimum berbasis Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dan Adaptasi Teknologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 573–583. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.210
Alim, J., Hermita, N., Putra, Z. H., Suroyo, S., Charlina, C., Witri, G., & Oktaviani, C. (2023). Pelatihan Pembuatan Audible Books Berbasis Etnomatematika Melayu Riau Sebagai Penguatan Keterampilan Guru Membuat Buku Cerita Yang Dapat Meningkatkan Literasi Dan Numerasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 3(2), 101–107. https://doi.org/10.31258/cers.3.2.101-107
Andriana, E., Yuliana, R., Asih Vivi Yandari, I., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (2023). Penguatan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang Banten. Dedikasi: Comunnity Service Report, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v6i1.78975
Asmal, M. Amir Masruhim, & Suryaningsi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Jam Sudut Pizza Di Kelas Iv Sdn 009 Samarinda Ulu. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(6), 1273–1290. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i6.1493
Ayunda, R., & Riduan Febriandi. (2023). Implementasi Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2078–2087. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7590
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299
Bone Kec Galang Kab Tolitoli Hamna, T., Fajrin, M., & Khaerul Ummah, M. B. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Membaca Menulis Menghitung pada Kelas 1 dan 2 yang Efektif di MIS DDI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67–73. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.243
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Eliza, Y. G., & Ain, S. Q. (2024). Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 17 Pekanbaru. 13(1), 475–482.https://doi.org/10.58230/27454312.508
Fadhlika, Y., Syah, I., Wicaksono, V. D., & Sulistyowati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Sudut Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga Media Jam Sudut Kelas IV SD Negeri Sumberrejo. Innovative: Journal of Social Science Research 1(3), 5356–5368. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.906
Harefa, A. S. (2023). Alat Peraga Game Jam dan Sudut (GaJamDut) sebagai Media. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 40–45. https://doi.org/10.56916/jp.v2i2.607
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Irwan, I., & Masrul, M. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4119–4128. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7235
Ismail, I., Tika, A., Sulianto, J., & Wikyuni, S. (2023). Analisis Penggunaan Media Jam Dinding Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Kelas 1 SDN Plamongsari 02 Semarang. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 287-296 https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.310
Kaler, C., & Bandung, K. (2022). Pengaruh Pola Asuh Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–215. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.934
Kristina, Y., Yuhana, Y., & Pamungkas, A. S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Numerasi Developing Numeracy-Based Learning Videos for Elementary School Students Primary. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume, 10(6), 1664–1671. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8353
Laswadi, L. (2023). Desain Lintasan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Arimatika Sosial Menggunakan Aplikasi Quizlet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Journal on Education, 6(1), 3578–3587. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3455
Ma’rifah, U., Wijayanti, P., & Setianingsih, R. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Dharmas Education Journal, 4(03), 77–82. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1252
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341
Mayasari, N., Junarti, Puspananda, D. R., & Amin, A. K. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Jam Sudut Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(1), 12–26.http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v3i1.276
Nurhayati, N., & Qondias, D. (2023). Efektivitas Video Animasi Setting Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 547–558. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2834
Nurpratiwiningsih, L., Kurniawan, P. Y., Indriyani, N., & Purwanti, Y. (2021). Pemanfaatan Media Jam Sudut dalam Pembelajaran SD. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 72–77. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.548
Oktiningrum, W., & Ramadhani, A. S. (2022). Mengukur Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Media Staflash. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.9747
Permatasari, K. T., Apriyani, E., & Fitriyana, Z. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Alat Peraga Jam Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(2), 83–88. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i2.25823
Putri, L. I., & Basir, A. (2020). Papan Jam Analog: Media Edukatif Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 33. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.501
Rahmat, A. S. (2021). Pengaruh Means Ends Analysis Berbasis Media Kartu Kendali Literasi Digital Terhadap Kemampuan Numerasi Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2), 83–96. https://doi.org/10.24832/jpkp.v14i2.534
Ramananda, P. C., Arifin, S., & Liana, L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa dengan Pembelajaran Guided Discovery Learning. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 8(1), 129–141. https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.10081
Samsiyah, S. (2023). Analisis pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan literasi numerasi siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 1–6. https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.69859
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Wahyu Adinda, D., Nurhasanah, N., & Oktaviyanti, I. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Dasar Siswa Sekolah Dasar Di SDN Mentokan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1066–1070. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.700
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten