ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MENURUT POLYA PADA MATERI PELUANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1342Kata Kunci:
Analisis Kesulitan, Masalah Matematis, Peluang, Prosedur PolyaAbstrak
Ada begitu banyak kesulitan belajar dialami oleh siswa yang belum diketahui secara pasti, apa penyebabnya. Salah satunya adalah dalam menyelesaikan masalah matematis. Kesulitan belajar tersebut perlu diidentifikasi melalui jawaban siswa dari hasil wawancara serta angket dalam menyelesaikan masalah matematis menurut Polya, dan ditinjau apakah siswa dapat memahami maksud dari masalah tersebut, apakah siswa merencanakan terlebih dahulu penyelesaiannya, apakah siswa mampu menyelesaikannya, dan apakah siswa juga memeriksa kembali hasil akhir jawabannya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa dalam memahamai masalah adalah 55%, sementara siswa yang merencanakan penyelesaian masalah 70%, menyelesaikan masalah 60% dan 75% presentase kesulitan siswa dalam memeriksa kembali penyelesaian soal.
Unduhan
Referensi
Arief, D. (2021, Juli 14). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Sistem Persamaan Linear pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 296-302.
Fitri, & Abadi, A. &. (2021, September 1). Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Peluang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 96-105.
Fitri.Habsy, & All, B. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling : studi literatur. Jurnal konseling Andi Matapa, 1, 90-100.
Harinda, V., Tumalun, N., & Regar, V. E. (2023). Pengaruh langkah Polya terhadap Hasil Belajar dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Deret dan Geometry. Jurnal Cendekia: Kurnal Pendidikan Matematika, 07, 2348-2358.
Hendra, D. S., Faisal, I., & Andrizal. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25-30. doi:10.24036/INVOTEK.v18i1.168
Jayanti, I., Nurdin, & Nur, D. R. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Sistema Jurnal Pendidikan, 1, 1-7.
Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan langkah polya siswa kelas VII SMP. (J. Conway, Penyunt.) Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 1, 9-16.
Lexy, J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (37 ed., Vol. XIV). (G. Charles, Penyunt.) Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Remaja Rosdakarya.
Oktaviani, L., Styawati, & Lathifa. (2021). PKM peningkatan penilaian guru mengenai penelitian tindakan kelas dan kualitatif di MAN 1 Pesawaran. Widia Laksmi, 1, 274-284.
Padillah, A. (2018, Mei 1). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Putrydayani, I. B., & Chotima, S. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pelajaran matematika pada materi peluang. MAJU, 7, 57-62.
Rosaliza, M. (2015). Wawancara, sebuah penelitian komunikasi dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11, 71-79.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.
Umrati, & Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. makassar: Sekolah tinggi Theologi Jaffray.
Zubaidah, A. (2015). Mengungkap Seni Bermatematika dalam Pembelajaran. Jurnal Of Mathematics Education, Vol. I(1), 60-76.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten