NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MENGURAI RINDU KARYA NANG SYAMSUDDIN

Penulis

  • Aprimadedi Aprimadedi Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.222

Kata Kunci:

Nilai Pendidikan Karakter, Novel Mengurai Rindu, Implementasi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai kasus yang terjadi di Indonesia belakangan ini. Kasus korupsi dan kekerasan terhadap anak dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Untuk meminimalisasi kasus tersebut dibutuhkan penanaman kembali nilai-nilai pendidikan karakter semenjak dini. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel dapat dijadikan bahan pembelajaran di sekolah. Setelah penulis baca novel Mengurai Rindu karya Nang Syamsuddin, penulis menemukan banyak nilai-nilai pendidkan karakter.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan motode analisis isi dan pendekatan karya satra yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan mimesis. Data dalam penelitian ini adalah ujaran tokoh, tindakan tokoh, dan paparan narator yang mengandung nilai pendidikan karakter dalam novel Mengurai Rindu karya Nang Syamsuddin. Data yang terkumpul kemudian diidentifikasi dan diklasifikasi berdasrkan teori yang digunakan. Selanjutnya setiap setiap data yang terkumpul berdasarkan indikasi nilai-nilai pendidikan karakter dibahas satu persatu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Mengurai Rindu karya Nang Syamsuddin. Data yang ditemukan yaitu; (1) 34 data yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter jujur, (2) 12 data yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter cerdas, (3) 47 data yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter peduli, dan (4) 12 data yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter tangguh.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang paling sering ditemukan dalam novel Mengurai Rindu karya Nang Syamsuddin adalah nilai-nilai pendidikan karakter peduli, sedangkan nilai-nilai pendidikan karakter yang paling sedikit ditemukan adalah nilai-nilai pendidikan karakter cerdas dan tangguh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ainiyah, N. (2012). Memutus Mata Rantai Budaya Korupsi dengan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kota Surabaya, 1(3), 12–13.

Atmazaki. (2005). Ilmu Sastra : Teori dan Terapan. Angkasa.

Aunillah, N. I. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Laksana.

Chrisiana, W. (2014). Upaya penerapan pendidikan karakter Bagi Mahasiswa Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Uk Poetra. Uk Poetra, 7(1).

Lubis, M. (2012). Manusia Indonesia. Yayasan Obor Indonesia.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Salahuddin, Amar. Jayanty, V. (2021). Modul Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Bermuatan Pendidikan Karakter (W. Kurniawan (ed.); 1st ed.). CV. Pena Persada.

Salahuddin, A., Hasanuddin, Harris Effendi Thahar, W. S., & Asri, Y. (2019). Multicultural Values In The Indonesian Novel Of Minangkabau’s Local Culture Pre The War. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 3756–3760.

Samani, M. dan H. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1007/s11116-011-9347-8

Suwandi, B. &. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Syamsuddin, N. (2012). Mengurai Rindu. Rahima Intermedia Publishing.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-24

Cara Mengutip

Aprimadedi, A. (2021). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MENGURAI RINDU KARYA NANG SYAMSUDDIN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 19–27. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.222

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.