PENERAPAN MEDIA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOMETRI BANGUN DATAR DI KELAS II SD IT KAYYASAH KOTA LAMA

Penulis

  • Mila Lestari STKIP Rokania

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.250

Kata Kunci:

Matematika, Buku Tematik, Media Pembelajaran Papan Berpaku, Hasil Belajar

Abstrak

dan baik. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi, yang berlangsung selama dua pertemuan. Dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika di SD IT Kayyasah kota lama berjalan dengan lancar dan baik. Pada siklus I pembelajaran menggunakan menggunakan buku tematik dan menjelaskan di papan tulis sehingga membuat siswa mudah bosan sehingga selaku guru harus pandai membuat kelasnya itu kondusif dan siswa bias memahaminya. Pada siklus  II pembelajaran menggunakan media alat peraga yaitu papan berpaku sehingga guru menjelaskan melalui media alat peraga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dengan menggunakan media pembelajaran papan berpaku pada siswa kelas II SD IT Kayyasah Kota Lama. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I menunjukkan ketuntasan siswa mencapai skor 12 dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal sebesar 71%. Hasil yang diperoleh pada siklus II yaitu dari penggunaan media papan berpaku memperoleh skor 15 dengan kategori sangat baik dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa penggunaan media papan berpaku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD IT Kayyasah Kota Lama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Amalia, S. (2020). “Bedak” Matematika Pada Pembelajaran Geometri Bangun Ruang: Upaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Gema Wiralodra. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.110

Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep Geometri pada Kerajinan Tradisional Sasak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690

Juhaeni, Safaruddin, R Nurhayati, & Aulia Nur Tanzila. (2020). Konsep Dasar Media Pembelajaran. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.11

Keraf, Y. L. (2017). Penggunaan Media Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Malalina, M. (2017). Media Ular Tangga Segitiga Pada Materi Luas Dan Keliling Segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.18

Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Saputra, R. (2020). Improving Students’ Reading Comprehension by Using Multipass Strategy on Narraritive Text at the Tenth Grade of SMK Start UP Dara Jingga. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 220–231.

Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). Peningkatan Karakter Peserta Didik (Religius, Jujur, Dan (Disiplin) Melalui Pencak Silat. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Penggunaan Media Geogebra dalam Pembelajaran Geometri Ruang untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i2.12049

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-30

Cara Mengutip

Lestari, M. (2021). PENERAPAN MEDIA PAPAN BERPAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOMETRI BANGUN DATAR DI KELAS II SD IT KAYYASAH KOTA LAMA . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(1), 184–189. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.250

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.