PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i1.717Kata Kunci:
Pengaruh Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), Aspek KognitifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan T.A. 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, masing-masing berjumlah 30 siswa, yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas eksperimen I diajarkan dengan model problem based learning, sedangkan kelas eksperimen II menggunakan model numbered heads together. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar aspek kognitif siswa dengan soal bentuk essai serta lembar observasi setiap model yang digunakan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 pada taraf signifikan 5% yang berarti terdapat pengaruh problem based learning dan numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi ukuran pemusatan data di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan. Hasil analisis data menunjukkan sebesar 73,5% pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa dan 72,8% pengaruh model numbered heads together terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa. Dari hasil uji t disimpulkan tidak ada perbedaan signifikan hasil belajar aspek kognitif siswa pada model problem based learning dan numbered heads together.
Unduhan
Referensi
Aan, R. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn Giri Aji). Fkip Unpas.
Agustina, R., Setiadi, A., & Fitrian, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 9–20.
Aslam, L. K., Suparji, S., & Rijanto, T. (2021). The Effect Of Problem Based Learning Model On Learning Outcomes In The Vocational High School Students. International Journal For Educational And Vocational Studies, 3(4), 264. Https://Doi.Org/10.29103/Ijevs.V3i4.3958
Chen, C., Hung, H., & Yeh, H. (2021). Virtual Reality In Problem‐Based Learning Contexts: Effects On The Problem‐Solving Performance, Vocabulary Acquisition And Motivation Of English Language Learners. Journal Of Computer Assisted Learning, 37(3), 851–860. Https://Doi.Org/10.1111/Jcal.12528
Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan Stem (Science, Technology, Enggeenering And Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2021.V11.I1.P11-22
Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan Lkpd Matematika Berbasis Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.846
Ertin, L. K. N., Bunga, Y. N., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Dan Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma N 2 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 9–17.
Fajriyati, R., Supandi, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Dan Numbered Head Together (Nht) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 56–66. Https://Doi.Org/10.26877/Imajiner.V1i4.3882
Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 436–446. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.338
Hanafiah, M. A., Martiani, M., & Dewi, C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Motivasi Belajar Pada Permainan Bola Basket Siswa Smp. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5213–5219. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1655
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Ips Smp Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.7.1.43-52.2021
Hutauruk, A. J. B. (2019). Perilaku Resiliensi Matematis Mahasiswa Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Metakognitif. Sepren, 1(01), 7–16. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V1i01.76
Imam, H., & Taufik, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Sanggar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(Specialissue), 58–66.
Intan Aulia Hilma Subhan Adi Santoso. (2022). Pengaruh Metode Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 14 Sumurgayam Paciran Lamongan. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 33–54. Https://Doi.Org/10.37286/Jmp.V1i1.134
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Iv Sdn 4 Banda Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).
Lestari, F., Safa’udin, M., & Indrayany, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Guided Concept Sentence Pada Matematika Smk Kurikulum 2013. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 63. Https://Doi.Org/10.29407/Jmen.V4i01.11993
Muna, L., & Mujianto, G. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar. Academy Of Education Journal, 14(2), 359–366. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V14i2.1661
Na’im, A., & Oktiningrum, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 10. Https://Doi.Org/10.31851/Indiktika.V2i1.3224
Pangestu, C. B., & Kadir, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht). Algoritma Journal Of Mathematics Education, 1(1).
Prasetia, Y., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mashuri, & Veronica, R. B. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Core. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 9(1), 489–496. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i1.2667
Raharjo, H., Khairudin, M., & Baser, J. A. (2018). The Influence Of Problem-Based Learning And Direct Teaching On Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 62–71. Https://Doi.Org/10.21831/Jptk.V24i1.18015
Rahman, M. H., & Latif, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Kelas V. Edukasi, 18(2), 246. Https://Doi.Org/10.33387/J.Edu.V18i2.2100
Saeputri, A., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Dengan Pendekatan Paikem Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah Stkip Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 15–23. Https://Doi.Org/10.33222/Jumlahku.V5i1.507
Safitri, R., Hadi, S., & Widiasih, W. (2023). Effect Of The Problem Based Learning Model On The Students Motivation And Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(9), 7310–7316. Https://Doi.Org/10.29303/Jppipa.V9i9.4772
Saptenno, Audrey, E., Tuaputty, H., Rumahlatu, D., & Papilaya, P. M. (2019). The Improvement Of Learning Motivation And Creative Thinking Skills Of Senior High School Students Through Modified Problem Based Learning Model. Journal For The Education Of Gifted Young Scientists, 7(4), 1175–1194. Https://Doi.Org/10.17478/Jegys.597519
Sari, A. P., Sudargo, S., & Sutrisno, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Melalui Pendekatan Paikem Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 48–59. Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V10i1.3665
Sekarini, A. P., Wiyanto, W., & Ellianawati, E. (2020). Analysis Of Problem Based Learning Model With Mind Mapping To Increase 21st Century Skills. Journal Of Innovative Science Education, 9(3), 321–326. Https://Doi.Org/10.15294/Jise.V9i1.36843
Simamora, A. E., & Donda, R. E. D. P. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas Iii Sd Negeri 067093 Medan Ta 2018/2019. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–7. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51544/Mutiarapendidik.V4i1.1029
Yulinda, L., Mustapa, K., & Ratman, R. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dipadu Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Imanuel Palu. Jurnal Akademika Kimia, 7(2), 75–79.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten