PERAN GURU DALAM PERKEMBANGAN MORAL DAN KEPRIBADIAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.924Kata Kunci:
Peran Guru, Moral, Kepribadian, SiswaAbstrak
Guru memiliki peran ganda sebagai bagian integral dari proses pengajaran, tidak hanya sebagai guru yang memberikan pengetahuan, tetapi juga sebagai pembimbing yang mendorong potensi, mengembangkan alternatif, dan menggerakkan siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembinaan moral dan kepribadian siswa sekolah dasar. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kepustakaan atau literature research dengan mengkaji berbagai terbitan berkala yang dikaitkan atau berhubungan dengan peran guru dalam pembinaan moral dan kepribadian siswa sekolah dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran ganda dalam menghadapi siswa, yaitu: Korektor, Inspirator, Informer, Organizer, Motivator, Inisiator, Fasilitator, Instruktur, Demonstrasi, Pengelola Kelas, Mediator, pengawas dan evaluator. Nilai moral dan kepribadian adalah ukuran tentang benar atau salahnya tindakan, perilaku, dan sikap seseorang terhadap orang lain dan terhadap lingkungan.
Unduhan
Referensi
Amri, M. S. (2021). PENGEMBANGAN PROFESI DAN KARIR GURU. Profesi Keguruan, 1(2), 1–5.
Arliyanti. (2021). ANALISIS PROFESIONALITAS GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PANTE CERMIN. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 27–36.
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).
Dedi, D. (2019). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Sdn 31 Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 97. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i2.1591
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. In tentang sistem pendidikan nasiona.
Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. In Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027.
Iskarim, M. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar ( Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa ). Edukasia Islamika, 2(2), 1–20.
Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, U. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133–11138.
Kohlberg. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral. In Diterjemahkan oleh Drs. John de Santo & Drs. Agus Cremers SVD. Yogyakarta: Kanisius.
Kurniawan, M. I. (2015). Mendidik Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar: Studi Analisis Tugas Guru Dalam Mendidik Siswa Berkarakter Pribadi Yang Baik. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2), 121–126.
Lubis, M. J. (2019). Pembinaan Guru Melalui Continuing Development Program (CPD) dalam Mencapai Kualitas Pembelajaran Optimal. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 3(1).
Machmud, H. (2014). Urgensi Pendidikan Moral dalam Membentuk Kepribadian Anak. Al - Ta’dib, 7(2), 75–84.
Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 93–98.
Maimunah & Mardiah. (2019). Hakikat Pendidikan Islam (Telaah Dasar Evaluasi dalam al- Qur’an, Makna Evaluasi, Bentuk Evaluasi, Prinsip- prinsip, serta Implementasinya ). Jurnal Al-Afkar, 07(1), 24–57.
Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 18–19.
Mutiaramses, M., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43–48.
Nainggolan, I., Bunthu, F. P., S, D. L., & Harefa, D. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Ditingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Teknologi, 6(1), 44–54.
Qustulani. (2017). IMPLIKASI SHALAT TERHADAP PENDIDIKAN MORAL DALAM ISLAM. Journal of Islamic Education, 3(1), 33–48.
Rafsanjani, T. A., & Razaq, M. A. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(1), 16–29.
Rahmat. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Smk Al-Bana Cilebut Bogor. Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 4(1), 146–157. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/331
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102.
Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.
Sukmawati, A. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Moral Bagi Anak Usia Dini. Biota, 8(1), 87–96.
Syahbudin, R., & Bengkulu, I. (2020). Etika Profesi dan Kepribadian Guru Madrasah. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(2), 1–10.
Wahib, A. (2015). KONSEP ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN ANAK. Jurnal Paradigma, 2(2).
Wisudayanti, K. A. (2022). Pendidikan Moral Sebagai Wadah Pembentuk Calon Pendidik Yang Berkarakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 91. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2312
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten