IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1514Keywords:
Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan MatematkkaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas implementasi model pembelajaran problem posing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Model problem posing menekankan pada kemampuan siswa untuk merumuskan, mengajukan, dan menyelesaikan masalah secara mandiri, sehingga mendorong keterlibatan aktif dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Swasta Husni Thamrin Medan. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan lembar observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model problem posing mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa model problem posing dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir matematis siswa
Downloads
References
Agustina, L., & Lestari, A. P. I. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Metode Problem Posing. Sinasis (Seminar Nasional Sains), 1(1).
Akben, N. (2020). Effects Of The Problem-Posing Approach On Students’ Problem Solving Skills And Metacognitive Awareness In Science Education. Research In Science Education, 50(3), 1143–1165. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1007/S11165-018-9726-7
Alam, P. (2020). Pengaruh Model Problem Posing Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara Iii, 397–408.
Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 394. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i4.21765
Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing & Solving: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Cv Jejak (Jejak Publisher).
Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sd Negeri Kalibukbuk. Mimbar Pgsd Undiksha, 2(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V2i1.1950
Hermanto, Y. B., Meriyati, M., & Pratiwi, D. D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pakem Berbantuan Problem Posing Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1640–1649. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.666
Ibnatur Husnul, N. R. (2019). Penerapan Metode Problem Posing Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Ekonomi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Unversitas Pamulang Tahun Ajaran 2017/2018. Jpm : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 15. Https://Doi.Org/10.33474/Jpm.V6i1.2961
Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.553
Ma’ruf, A. H. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Metode Problem Posing Dan Metode Ekspositori Sma N 58 Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip) Stkip Kusuma Negara, 10(1), 51–60.
Majid, M., Upu, H., & Dassa, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open Ended Dan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sungguminasa Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/18535
Nasution, M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Model Pembelajaran Problem Posing Yang Diajarkan Di Kelas Viii Smp Negeri 17 Medan Ta 2018/2019. Http://Repository.Umsu.Ac.Id/Handle/123456789/1351
Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika Sma. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(2), 466–473. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i2.1986
Nugroho, T. A., & Anugraheni, I. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Posing Di Tinjau Dari Cara Berfikir Kreatif Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1003–1010. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.583
Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (Icm) Dengan Problem Posing Berbantuan Software Matlab Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Elemen, 5(1), 12–22.
Pangaribuan, L. R. (2022). Implementasi Pembelajaran Problem Posing Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Percaya Diri Siswa. Sepren: Journal Of Mathematics Education And Applied, 03(02), 136–145.
Peng, A., Cao, L., & Yu, B. (2020). Reciprocal Learning In Mathematics Problem Posing And Problem Solving: An Interactive Study Between Canadian And Chinese Elementary School Students. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 16(12), Em1913. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29333/Ejmste/9130
Prianto, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Posing Bersifat Open Ended. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 3(1), 32–42. Https://Doi.Org/10.14421/Jppm.2021.31.32-42
Puadi, A. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pendekatan Problem Posing Tipe Post Solution Posing Dan Realistic Mathematics Education Pada Materi Transformasi Geometri Kelas Xi Sma Negeri 1 Pangkatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/14985
Ritonga, E. C. (2018). Efektivitas Model Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Smp Negeri 3 Angkola Selatan. Mathematic Education Journal)Mathedu, 1(2), 23–35.
Rizky, E. N. F., & Sritresna, T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa Antara Guided Inquiry Dan Problem Posing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–46. Https://Doi.Org/10.31980/Plusminus.V1i1.1024
Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Problem Posing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1313
Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing Dengan Edmodo. Prisma, 10(2), 170. Https://Doi.Org/10.35194/Jp.V10i2.1813
Shoit, A., & Masrukan, M. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Rasa Ingin Tahu Pada Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open Ended Problem Dengan Performance Assessment. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 37–48. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/Article/View/44970
Suprianingsih, N. W. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2020). Model Problem Posing Berbantuan Media Question Box Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Sd. Mimbar Ilmu, 25(3), 308–318. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i3.25472
Ulfah, P., Muchlis, E. E., & Maulidiya, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Within Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 3(1), 78–85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten