PENGEMBANGAN GRAND STRATEGY FOR TEACHING AND LEARNING DI UNIVERSITAS JAMBI MENUJU A WORLD-CLASS UNIVERSITY
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.515Keywords:
Grand Strategi, Pembelajaran, Pengajaran, PengembanganAbstract
Pengembangan Desain Grand Strategy for Teaching and Learning di Universitas Jambi menuju a World-Class University sangat diperlukan, karena pengajaran dan pembelajaran di universitas adalah tahap penting untuk membangun UNJA dalam mencapai visinya. Desain Grand Strategy for Teaching and Learning adalah salah satu landasan tridharma pendidikan tinggi, yaitu pengajaran. Dalam pengajaran, dosen harus memiliki referensi dan paradigma yang sama untuk mencapai visi yang telah ditetapkan oleh UNJA. Oleh karena itu, sangat mendesak untuk melakukan studi penelitian dan pengembangan Desain Grand Strategy for Teaching and Learning di Universitas Jambi menuju a World-Class University. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk Desain Grand Strategy for Teaching and Learning yang dapat dimanfaatkan oleh komunitas akademik UNJA dalam hal pembelajaran.
Downloads
References
Aini, Q., Budiarto, M., Putra, P. O. H., & Santoso, N. P. L. (2021). Gamification-Based The Kampus Merdeka Learning In 4.0 Era. Ijccs (Indonesian Journal Of Computing And Cybernetics Systems), 15(1), 31. Https://Doi.Org/10.22146/Ijccs.59023
Akla, A., Priyantoro, D. E., & Khodijah, K. (2018). Laporan Penelitian Desain Model Penguatan Layanan Akademik Berbasis Balanced Scorecard Menuju World Class University (Pengembangan Di Iain Metro).
Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(4), 1106–1111. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i4.5393
Azhari, H. (2019). The Analyze Of Ultilization Policy Of Information Technology In Education (Analisis Kebijakan Pemanfatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 209–235. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31943/Afkar_Journal.V3i1.37
Batau, S. H., Muliati, M., & Rampeng, R. (2022). Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Bosowa: Peminat Sociolinguistics Meningkat. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 22(3), 567–577. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35965/Eco.V22i3.1992
Debi, M., & Wahyuni, I. (2018). Pengaruh Model Scientific Inquiry Menggunakan Media Phet Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Adversity Quotient Siswa Pada Pelajaran Fisika Di Sma Swasta Eria Medan. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 4(4), 16–21. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jiaf.V4i4.12389
Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan General Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i3.378
Fatonah, F., & Defrianti, D. (2022). Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Historioprenership Dalam Persfektip Global Di Prodi Ilmu Sejarah Universitas Jambi. Proceeding International Conference On Malay Identity, 3, 116–131. Https://Conference.Unja.Ac.Id/Icmi/Article/View/187%0a
Febriani, F., Tawil, M., & Sari, S. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Gender. Al-Musannif, 3(2), 67–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56324/Al-Musannif.V3i2.42
Hafids, S., Sutrisno, S., Hutabarat, B. F., & Wulandari, T. (2022). Reframing Dan Transformasi Universitas Jambi Melalui Platform Unja Smart Menuju Wceu.
Jumansyah, A. P., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara Dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial E-Issn, 2745, 5920. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36722/Jaiss.V%Vi%I.1023
Karlsson, J., Mcpherson, G., & Pampallis, J. (2020). A Critical Examination Of The Development Of School Governance Policy And Its Implications For Achieving Equity. In The State, Education And Equity In Post-Apartheid South Africa (Bll 139–177). Routledge. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1186/S13012-019-0961-8
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.360
Khairiah, K. (2019). Evaluasi Program Tridarma Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia Menuju World Class University Pada Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. Nuansa : Jurnal Studi Islam Dan Kemasyarakatan, 12(1). Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V12i1.2106
Marliaty, E., Widiantara, I. P., & Pathiassana, M. T. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Paud Berbasis Muatan Lokal Di Kabupaten Sumbawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 4(001, August), 50–56.
Mulyono, M., Tharaba, M. F., Walid, M., Yaqien, N., Antariksa, W. F., & Puspitasari, F. F. (2020). Pengembangan Prospektus Prodi Manajemen Pendidikan Islam (Mpi) Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Menuju World Class University (Wcu).
Murtiningsih, M., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Correlation Between Supervision Of Headmaster And Interpersonal Communication With Work Ethos Of The Teacher. European Journal Of Education Studies. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.46827/Ejes.V0i0.2398
Nafal, Q., Mutohar, P. M., & Sujianto, A. E. (2024). Balanced Scorecard: Strategi Menuju World Class University. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 57–88. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.62383/Dilan.V1i3.428
Nasution, N. A., & Lubis, M. R. (2021). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Budaya Berbantuan Geogebra. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 133–142.
Nathanael, C. (2019). Universitas Sebelas Maret Menuju World Class University? Osf. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/P9ztk
Nirwana, A., & Handoko, N. M. L. (2021). Analisis Swot Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung Untuk Merumuskan Grand Strategy Dan Pertimbangan Penyusunan Kurikulum Dkv. Mavis : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 3(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.32664/Mavis.V3i1.540
Pham, L., Limbu, Y. B., Bui, T. K., Nguyen, H. T., & Pham, H. T. (2019). Does E-Learning Service Quality Influence E-Learning Student Satisfaction And Loyalty? Evidence From Vietnam. International Journal Of Educational Technology In Higher Education, 16(1), 7. Https://Doi.Org/10.1186/S41239-019-0136-3
Pradnyadiva, S. O. (2019). Pengelolaan Kantin Universitas Sebelas Maret Menuju Standar World Class University.
Prasetya, A., Anjarwi, A. W., Kumalasari, K. P., & Lishandy, N. P. (2022). Strategi Pengembangan Laboratorium Business Venturing:(Studi Kasus Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(7), 797–806. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32670/Fairvalue.V4i7.1316
Purnama, R. D. B., & Warosari, Y. F. (2023). Perencanaan Strategi Pendidikan Agama Islam Tentang Strategi Korporasi. Jurnal Adzkiya, 7(1), 59–69.
Rismayani, R., Lestari, E. A., & Tarigan, N. N. U. B. (2021). Problematika Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–149. Https://Doi.Org/10.56114/Al-Ulum.V2i2.119
Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3). Https://Doi.Org/10.30651/Didaktis.V18i3.1846
Sekretariat Jenderal Kemendikbud, S. J. K. (2020). Defenisi Operasional Indikator Kinerja Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2020-2024.
Somali, S. G., Parsono, S., & Yudhakusuma, D. (2021). Peranan Komite Sekolah Dalam Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar Di Sekolah. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(2), 143–148. Https://Doi.Org/10.36555/Tribhakti.V3i2.1856
Sulistiyo, U. (2022). Identifikasi Masalah Dan Strategi Dalam Penulisan Artikel Pada Jurnal Internasional Bereputasi: Studi Kasus Di Universitas Jambi. Unja Publisher.
Sutarman, S. T., & Kom, S. (2022). Buku Merdeka Belajar–Kampus Merdeka. Cv Literasi Nusantara Abadi.
Wibowo, T. U. S. H. (2022). Peluang Dan Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran Sejarah. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/Dr38u
Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 1. Https://Doi.Org/10.31942/Mgs.V11i1.3457
Yudho, F. H. P. (2022). Self Dan Guided Discovery Learning Serta Pengaruhnya Terhadap Capaian Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 28–36. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53696/27219283.96
Zakki, M., & Syafi’i, A. (2023). Strategi Perguruan Tinggi Islam Menuju World Class University. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(3), 39–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten