ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X

Authors

  • Yuni Arta Br Siagian Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Samuel Juliardi Sinaga Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Simon M. Panjaitan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.515

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas X SMA Swasta HKBP Sidorame Medan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika yaitu ukuran pemusatan data berdasarkan indicator kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dari tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Subjek yang diambil untuk penelitian yaitu 2 orang siswa kemampuan pemecahan masalah tinggi, 2 orang siswa kemampuan pemecahan masalah sedang, dan 2 orang siswa kemampuan pemecahan masalah rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. (1) Siswa dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan masalah berdasarkan langkah indicator kemampuan pemecahan masalah dengan baik dan sistematis serta melakukan proses perhitungan dengan benar. (2) Siswa dngan kategori sedang mampu menyelesaikan masalah berdasarkan indicator pemecahan masalah tetapi kurang teliti dalam melakukan proses perhitungan.(3) Siswa dengan kategori rendah belum mampu memenuhi setiap indicator pemecahan masalah dengan baik serta belum mampu mengerjakan soal dan melakukan perhitungan dengan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuni Arta Br Siagian, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Samuel Juliardi Sinaga, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Simon M. Panjaitan, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

A O. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol 46, Number 183). Https://Doi.Org/10.22201/Iisue.24486167e.2024.183.61714

A. K. Koten, M. M. Towe, I. P. Muaraya, I. K. Dan T. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Menggunakan Problem Based Learning. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(1), 31–40.

Abjad, R., Angkotasan, N., & Alhaddad, I. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3), 303–314. Https://Doi.Org/10.33387/Jpgm.V2i3.5148

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Attadib: Journal Of Elementary Education, 2(2), 123–133. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32507/Attadib.V2i2.414

Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2022). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 70–74. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V6n2.P70-74

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol 53, Number 9).

Dwi Permata, R. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.29407/Pn.V5i2.14230

Fitri, A., Fathoni, M. I. A., & Sari, A. C. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Untuk Menciptakan Pembelajaran Aktif Dan Inovatif. Journal Of Research Applications In Community Service, 3(1), 33–38. Https://Doi.Org/10.32665/Jarcoms.V3i1.2815

Heriyaman, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dengan Pembelajaran Model Snowball Throwing Berbantuan Alat Peraga Pada Masa Pandemi Covid-19. Jesa (Jurnal Edukasi Sebelas April), 6(1), 67–75.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.352.10

Krismayanti, W., & Mansurdin, M. (2020). Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(7), 102–110.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.37905/Aksara.7.2.463-474.2021

Mafrudah, A., & Sa’diyah, H. (2021). A Sistem Informasi Akuntansi Atas Pengendalian Persediaan Pada Rejeki 2 Swalayan Di Omben Sampang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (Jimmba), 3(3), 510–520. Https://Doi.Org/10.32639/Jimmba.V3i3.879

Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023). Inovasi Pembelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84–91. Https://Doi.Org/10.69775/Jpia.V4i1.128

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.244

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115–127.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Berdasarkan Strategi Polya Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 3(2), 223. Https://Doi.Org/10.31331/Medivesveteran.V3i2.768

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 Sd. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27.

Putri, J. E., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sdn 09 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Journal Of Basic Education Studies, 4(1), 3115–3125.

Rahmawati, A., Setiawan, E., Finanda, R. P., & Susilo, B. E. (2024). Kajian Literatur: Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Camtasia Studio. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 510–516.

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulandata. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

Royantoro, F., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik. Http://Repository.Unipa.Ac.Id:8080/Xmlui/Handle/123456789/820

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway Xvi. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1).

Saparwadi, L. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Bekerja Dengan Tidak Bekerja Pada Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 20–24. Https://Doi.Org/10.33365/Ji-Mr.V2i2.1405

Simanjuntak, R. M., & Sihombing, D. I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Strategi Problem Solving Untuk Kelas Ix Smp. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 88–96.

Sinaga, S. J., Tambunan, T. A., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas Viii Smp Negeri 3 Lintongnihuta Samuel. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2721–2733.

Sugiyono. (2022). Identifikasi Perilaku Bidang Pengembangan Moral Anak Kelompok B Di Tk It Al-Dhaifullah Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten …. Alfabeta,Bandung, 27–44.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V9i1.605

Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Kelas Xi Sman 1 Bangkinang Kota Ditinjau Dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V11i03.15320

Tambunan, Lamria, Rusdi, R., & Miarsyah, M. (2018). Efectiveness Of Problem Based Learning Models By Using E-Learning And Learning Motivation Toward Students Learning Outcomes On Subject Circullation Systems. Indonesian Journal Of Science And Education, 2(1), 35–43.

Tambunan, Listrisnawati, Sinaga, S. J., & Hutauruk, A. J. B. (2021). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Discovery Learning Pada Materi Aritmatika Sosial. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 271–280.

Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i3.P445-452

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i1.341

Published

2025-06-24

How to Cite

Siagian, Y. A. B., Sinaga, S. J., & Panjaitan, S. M. (2025). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 1440–1451. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.515

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.