PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NISAM ANTARA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.1301Kata Kunci:
Bermain Peran, Prestasi Belajar, Siswa SDAbstrak
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Tema 3 Tokoh dan Penemuan subtema 1 Penemu yang mengubah dunia di kelas VI SD Negeri 7 Nisam Antara. Selain itu, motivasi dan aktivitas belajar siswa masih rendah karena guru hanya menggunakan model konvensional dalam pembelajaran.. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Bermain Peran sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri 7 Nisam Antara tahun ajaran 2022/2023 sejumlah 20 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif meliputi aktivitas belajar siswa dan kinerja guru, dan data kuantitatif meliputi kinerja akademik siswa, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar klasikal. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes yang meliputi observasi dan pencatatan. Alat pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi. Suatu penelitian dinyatakan berhasil apabila kinerja akademik siswa dan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran siswa meningkat sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian siklus per siklus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Bermain Peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, rata-rata kelas, ketuntasan belajar klasikal, dan aktivitas belajar siswa kelas VI SD Negeri di Kecamatan Nisam Antara.
Unduhan
Referensi
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82.
Anggraeni, R. (2022). PERANAN GURU DALAM MANAJEMEN PESERTA DIDIK. Karimah Tauhid, 3(1).
Dewi. (2019). Pengaruh model numbered head together berbantu media audio visual terhadap pemahaman konsep. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(2).
Elihami. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Pembelajaran dalam Kaitannya dengan Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 70.
Hakim, A. R. (2014). Penggunaan Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Membiasakan Akhlak Terpuji Siswa Kelas Vii Mts Fsm Tempurejo Tempuran Paron Ngawi Ta 2013/2014. E-Journal, 4(2), 1–14.
Imam, F. (2020). Penggunaan Metode Total Physical Respon Untuk Melatih Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa. At-Turost: Journal of Islamic Studies, 5(3), 248–253.
Madjid, M. (2023). PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DENGAN METODE ROLE - PLAY BAGI SISWA SMP SIT IKHTIAR. Communnity Development Journal, 4(6), 13318–13324.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. In Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nuryati, N., Muthmainnah, M., Lubis, H. Z., Talango, S. R., Ibrohim, B., & Nadjih, D. (2021). Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Usia Dini Selama Masa Learning From Home. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 139–148.
Octavia. (2020). Model-model pembelajaran. In Deepublish.
Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 524–532.
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(02), 80–90. https:http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp%7CDOI:https://doi.org/
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten