Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri dikelas VI SD IT Inayah Ujung Batu
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.244Kata Kunci:
Matematika, Pembelajaran Geometri, Metode Guru, Kesulitan BelajarAbstrak
Penelitian ini bermaksud kepada analisis kesukaran belajar peserta didik derajat VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Inayah Ujung Batu dalam menjawab soal geometri yang hasilnya akan dilihat pada kesukaran beserta aspek-aspek dalam menimbulkan kesukaran muatan pembelajaran matematika dalam topik diskusi geometri. Desain penelitian ini adalah studi kasus dimana penelitian ini dipusatkan dalam suatu gejala serupa beserta mengetahui secara menyeluruh, dan membiarkan gejala-gejala lainnya. Pendekatan yang digunakan yaitu metode analisis. Kemudian pendekatan dapat dimanfaatkan sebagai pendekatan percobaan yang menggambarkan suatu hal. Hasil penelitian ini bertujuan dalam memahami tentang kesukaran peserta didik, hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai data dalam pengembangan suatu masalah utama dari pelajaran geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas VI dalam memahami geometri adalah: 1 para siswa kurang mampu memahami materi geometri dikarenakan sebagian pembelajaran dilakukan secara online. 2 kesukaran pada memahami rancangan. 3. Peserta didik kesukaran pada penggunaan prinsip. 4 Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan verbal.
Unduhan
Referensi
Abrar, A. I. P. 2018. Kesulitan Siswa SMP Belajar Konsep Dan Prinsip Dalam Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 59–68.
Aliyyunnisa, N. (2020). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII pada Materi Baris dan Deret Ditinjau dari Pemahaman Konsep. DE_Journal (Dharmas Education Journal), 1(2), 135–142.
Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64.
Fitriani, N., & Rohaeti, E. E. (2020). MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Teorema: Teori Dan Riset Matematika. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3267.
Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Ix Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Lingkaran Di Smp Al-Azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 373–385.
Mulyono, Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Diagnosis, Remediasinya dan Teori. Jakarta : Rineka Cipta.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, 9(2), 139–148.
Nur’aeni, Epon. “Pengembangan Kemampuan Komunikasi Geometris Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele.” Jurnal Saung Guru 1, no. 2 (2010): 28–34.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285
Rahayu, Eka. (2021). Problema Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. At-Ta’lim : Jurnal Pendidikan. 1 : 46-54.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rohmah, S. I., Widadah, S., & Agustina, E. N. S. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Utami, Y. P., Alan, D., & Cahyono, D. (2020). Study At Home : Analisis Kesulitan Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR).
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten