PERAN GURU PPKN DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN MORAL ANTI-KORUPSI PADA SISWA/SISWI DI SMP NEGERI 37 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i2.1083Kata Kunci:
Peran guru PPKn, Kesadaran Moral Anti KorupsiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam menumbuhkan kesadaran moral anti korupsi pada siswa/siswi di SMP Negeri 37 Medan. Mendeskripsikan strategi nyata upaya guru PPKn dalam menumbuhkan kesadaran moral anti korupsi di SMP Negeri 37 Medan. Penelitian ini perlu dilakukan untuk memberikan deskripsi peran guru PPKn dalam membangun moral anti korupsi pada siswa, desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang teknik pengambilan datanya melalui observasi dan wawancara yaitu 3 orang guru PPKn sebagai informan kunci dan 3 orang siswa kelas VII sebagai informan pendukung dan sampel di SMP Negeri 37 Medan. Dengan teknik analisis datanya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan hasil penelitian peran guru dalam menumbuhkan nilai moral anti korupsi adalah Memperbaiki karakter siswa, Membina moral dan membentuk kepribadian Siswa yang berjiwa pancasila, Memerangi korupsi dari lingkungan terdekat, dan Menanamkan nilai anti korupsi pada generasi muda. Sedangkan strategi guru menanamkan moral anti-korupsi adalah Pendekatan kurikuler dan pedagogis, Metode experiental learning, Pengembangan kultur integritas, Pendekatan penguatan dan kolaboratif, Inovasi program dan evaluasi dan Pembelajaran kontekstual dan penghargaan.
Unduhan
Referensi
Adha, M. M., Parikesit, H., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn Di Masa Pandemi Covid-19 Demi Masyarakat Taat Psbb. Http://Repository.Lppm.Unila.Ac.Id/Id/Eprint/27544
Agustino, A. (2022). Penerapan Nilai–Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Guna Membangun Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Siswa/I Di Kelas Pada Kelas Ix. B Di Smp Negeri 1 Merawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jee (Jurnal Edukasi Ekobis), 9(2).
Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019a). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i2.195
Anggraini, R., & Wibawa, S. (2019b). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penerapan Etika Dan Moral Peserta Didik Dalam Lingkungan Formal Di Smk Negeri 1 Stabat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 151–157. Https://Doi.Org/10.37755/Jspk.V8i2.195
Buka, F. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Sosial Selama Masa Pembelajaran Daring. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.56393/Mindset.V2i3.936
Elihami, E. (2021). E-Learning In Islamic Education And Pancasila On During Covid-19 Pandemic. Academy Of Education Journal, 12(2), 303–310. Https://Doi.Org/10.47200/Aoej.V12i2.746
Gani Pg, E., Thani, S., Muksalmina, M., Chyntia, E., & Sulaiman, S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Digital Etik Dalam Penggunaan Sosmed Di Kalangan Remaja Pada Siswa/I Sma Swasta Iskandar Muda Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2837–2846. Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.V5i2.3416
García-Alberti, M., Suárez, F., Chiyón, I., & Mosquera Feijoo, J. C. (2021). Challenges And Experiences Of Online Evaluation In Courses Of Civil Engineering During The Lockdown Learning Due To The Covid-19 Pandemic. Education Sciences, 11(2), 59. Https://Doi.Org/10.3390/Educsci11020059
Hidayah, Y., Trihastuti, M., & Widodo, B. (2021). Online Learning Model In Improving Civic Responsibility As A Solution During Covid-19 Pandemic In Indonesia. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 6(1), 195–206. Https://Doi.Org/10.24042/Tadris.V6i1.6227
Irfani, S., Riyanti, D., Muharam, R. S., & Suharno. (2021). Rand Design Generasi Emas 2045: Tantangan Dan Prospek Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Kemajuan Indonesia. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 14(2). Https://Doi.Org/10.24832/Jpkp.V14i2.532
Maatuk, A. M., Elberkawi, E. K., Aljawarneh, S., Rashaideh, H., & Alharbi, H. (2022). The Covid-19 Pandemic And E-Learning: Challenges And Opportunities From The Perspective Of Students And Instructors. Journal Of Computing In Higher Education, 34(1), 21–38. Https://Doi.Org/10.1007/S12528-021-09274-2
Manalu, Y. E. T., & Najicha, F. U. (2022). Analisis Jiwa Kewarganegaraan Generasi Muda Indonesia Di Era Digital Serta Dampaknya Bagi Bangsa Dan Negara. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 192–197.
Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. Https://Doi.Org/10.24246/J.Sw.2021.V37.I1.P54-61
Nanggala, A., & Damayanti, S. (2023). Membangun Smart And Good Young Citizens Melalui Program Organisasi Kepemudaan Berbasis Civic Literacy. Bhineka Tunggal Ika; Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, 10(1), 96–108.
Paranita, S. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Z Dalam Mewujudkan Good Citizenship Di Perguruan Tinggi Islam. Civics Education And Social Science Journal (Cessj), 4(1), 35–46.
Permatasari, A. I., & Junanto, S. (2023). Mplementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023. Diss. Uin Surakarta.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.
Prastitasari, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Sd Melalui Pembelajaran Pjj Pada Masa Pandemi Covid-19. Https://Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id//Handle/123456789/20053
Prayogi, R., Komalasari, K., & Nurgiansah, T. H. (2023). Kajian Perbandingan Civic Education Di Eropa Dan Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 2342–2355.
Rachman, F., & Azam, Q. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Moral And Civic Education, 5(1), 42–55. Https://Doi.Org/10.24036/8851412512021536
Rachman, F., & Fitra, I. (2020a). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289–303. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303
Rachman, F., & Fitra, I. (2020b). Kewarganegaraan Dan Kesehatan: Partisipasi Warga Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 289. Https://Doi.Org/10.17977/Um019v5i2p289-303
Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum Ppkn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020. Pkn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Pknp.V15i1.44901
Rahmad, N., Setiyawan, D., & Dewi, M. A. S. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Pemahaman Siswa Terhadap Bullying Dalam Perspektif Hukum Di Smk Muhammadiyah Sempor. Jurnal Warta Desa (Jwd), 6(2), 96–103. Https://Doi.Org/10.29303/Jwd.V6i2.301
Rahmayanti, E. (2023). The Use Of Films As An Educational Medium In Learning Civic Education As A Preventive Effort Against Moral Decradation In The Age Of 4.0. Capture: Jurnal Seni Media Rekam, 14(3), 257–278.
Ritonga, J., Fadhillah, A., Pelawi, D., Naibaho, E., Nasha, M., Ginting, S., & Yunita, S. (2022). Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Terhadap Indonesia Melalui Pemahaman Identitas Nasional Bangsa Dan Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Siswa Smp Negeri 39 Medan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 16–24.
Sabillah, M., Syamsudin, P. I., Sulthan, R., & Setiabudi, D. I. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa Pgmi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia. Civilia: Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Civilia.V2i2.570
Subkhan, E., Budiyono, B., & Johan, R. C. (2022). The Tensions Between National And International Interests On Curriculum Policymaking: An Indonesian Higher Education Experience. Indonesian Journal Of Curriculum And Educational Technology Studies, 10(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Ijcets.V10i2.74305
Usmi, R., & Puspitaningrum, A. (2022). Kajian Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 Untuk Membentuk Kecerdasan Kewargaan Yang Berkeadaban Publik. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 12.
Widiatmaka, P. (2022). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Di Dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–10.
Widiatmaka, P. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Membangun Warga Negara Yang Baik Dan Mengantisipasi Krisis Karakter Pemuda. Jurnal Pallangga Praja (Jpp), 5(1), 7–18.
Yaqin, M. N., Samad, M. H., & Sabaruddin, S. (2024a). The Relevance Of Ki Hajar Dewantara’s Educational Philosophy In The National Education Curriculum Policy Based On Merdeka Belajar:(A Study At Muhammadiyah Al Mujahidin Senior High School, Wonosari). Transformational Language, Literature, And Technology Overview In Learning, 3(4), 8–18. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55047/Transtool.V3i4.1329
Yaqin, M. N., Samad, M. H., & Sabaruddin, S. (2024b). The Relevance Of Ki Hajar Dewantara’s Educational Philosophy In The National Education Curriculum Policy Based On Merdeka Belajar. Transformational Language, Literature, And Technology Overview In Learning (Transtool), 3(4), 8–18. Https://Doi.Org/10.55047/Transtool.V3i4.1329
Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous Di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V6i1.5086
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten