PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TEAMS GAMES TOURNMENT PADA MATERI SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1241Kata Kunci:
Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model TGTAbstrak
Penelitian ini difokuskan pada pengembangan perangkat pembelajaran matematika untuk materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT). Tujuan utamanya adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas tinggi dari segi validitas dan kepraktisan, serta mengukur dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Dalam proses pengembangan, peneliti berhasil merancang tiga komponen utama perangkat pembelajaran: RPP, LKPD, THB merupakan elemen penting dalam kegiatan pembelajaran. Kualitas perangkat ini dinilai melalui validasi kualitatif dan kuantitatif oleh validator ahli. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat baik. RPP memperoleh nilai rata-rata 4,16, LKPD mencapai 3,98, dan THB mendapatkan nilai 3. Validator dan praktisi pendidikan setelah melakukan uji validasi perangkat pembelajaran ini layak untuk diterapkan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kepraktisan perangkat dibuktikan melalui beberapa tahapan. Pengamatan keterlaksanaan rencana pembelajaran memperoleh rata-rata skor 4, yang menandakan implementasi yang sangat baik. Pada tahap uji coba individual dan kelompok kecil, seluruh siswa sudah bisa menerapan perangkat ini. Berdasarkan observasi proses pembelajaran dan jawaban siswa, perangkat ini terbukti memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Melalui wawancara pada tahap kelompok kecil, mayoritas siswa mengungkapkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model TGT untuk materi SPLDV sangat menarik dan mampu memotivasi semangat belajar matematika mereka.
Unduhan
Referensi
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Holistika. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Model TGT (Teams, Games And Tournament) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Formosa Journal of Applied Sciences. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.708
Asmawati, Syamsinar, & Palimari. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT). Al-Irsyad Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.58917/ijme.v1i2.24
B.A Hutapea, V., Saragih, G., S.Y Gultom, M., & M. Simanjuntak, R. (2022). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.774
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Irianto, A. (2017). Pendidikan Sebagai Investasi dalam Pembangunan Suatu Bangsa. Kencana.
Jaini, A. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika dalam Menerapkan Model PAKEM melalui Supervisi Klinis. Jambura Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.9277
Johari, S., & Nawaji, N. (2021). Penerapan Pendidikan Budi Pekerti Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa di Pondok Pesantren. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.56393/lentera.v1i1.116
Maharani, I., & Hidayah Putri, J. (2023). RELEVANSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.719
Sugianto, R., Cholily, Y. M., Darmayanti, R., Rahmah, K., & Hasanah, N. (2022). Development of Rainbow Mathematics Card in TGT Learning For Increasing Mathematics Communication Ability. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.38068
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta.
Syahri, A. A., Halim, S. N. H., & Bahar, E. E. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR. Aksioma. https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.1902
Wati, I., Nurcahyono, N. A., & Agustiani, N. (2022). Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1767
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten