ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI KEBONDALEM
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.772Kata Kunci:
Kemampuan Numerasi, Matematika, PecahanAbstrak
Pendidikan adalah upaya mengubah perilaku individu melalui pembelajaran menjadi pribadi yang lebih baik. Sistem pendidikan di SD saat ini menggunakan AKM yang di dalamnya berisi tentang kemampuan literasi numerasi. Literasi numerasi adalah kemampuan berpikir untuk menyelesaikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan sehari-hari, yang penyelesaiannya menggunakan konsep, prosedur, fakta, serta alat bantu. Permasalahan yang sering muncul adalah permasalahan pecahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi hitung pecahan kelas V SD Negeri Kebondalem. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan numerasi peserta didik kelas V SD Negeri Kebondalem secara keseluruhan dikategorikan rendah. Adapun hasil kemampuan numerasi peserta didik kelas V SD Negeri Kebondalem tersebut dapat dikatakan rendah dikarenakan ditinjau dari aspek: (a) Menafsirkan Hasil Analisis didapat hasil hanya 1 subjek yang memperoleh skor cukup sedangkan sisanya mendapat skor kurang baik, (b) Keterampilan Berhitung dan Penggunaan Berbagai Macam Angka dan Simbol didapat hasil hanya 1 subjek yang memperoleh skor, dan (c) Kemampuan Menggunakan Bagan, Grafik, Tabel, maupun Diagram didapat hasil semua subjek tidak ada yang memperoleh skor.
Unduhan
Referensi
A. Muri Yusuf. (2014). Metode penelitian kuntitatif,kualitatif,dan penelitian gabungan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=RnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=metode+penelitian+kuantitatif+kualitatif+penelitian+gabungan&ots=JxdtKoUC9e&sig=-xim5zd8X1cuqrWLsHAv1MqxelY
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=M_UrEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+literasi++strategi+meningkatkan+kemampuan+literasi+matematika+sains+membaca+dan+menulis&ots=_Lcb9Q3S3l&sig=yInkmkzGYJaBo-jOtPEi9hypTQs
Amieni, A., Zulkardi, Z., & Ratu, I. I. P. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII Berdasarkan Kognitif Penalaran Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Sriwijaya University.
Asesmen, P., & Kemdikbud, P. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Jakarta, Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1041
Budiyono, B. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. … Metodologi Penelitian Pendidikan ….
Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi untuk sekolah dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2bLpDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA20&dq=literasi+numerasi+untuk+sekolah+dasar&ots=RUWp0y7G66&sig=BtZnTCo0klF4JWOrcWe7rVORWkI
Medhika, L. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MELALUI BENDA KONKRET KELAS II DI SDN PAMOTAN II PORONG. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas …. http://eprints.umsida.ac.id/3127/
Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo (p. 126). core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/198238855.pdf
Pembelajarannya, P. A. dan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Pusat Assessment dan Pembelajaran, Jakarta.
Pendidikan, K. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.”
Pengantar, K. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020 1.
Sa’dia, H. (2021). Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal PISA Konten Space and Shape. digilib.uinsby.ac.id. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49273
Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. FONDATIA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1387
SARI, S. P., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII dalam Mengerjakan Soal Tipe PISA Materi Aljabar. Sriwijaya University.
Untoro, J., & Indonesia, T. G. (2010). Buku Pintar Pelajaran SD/MI 5 in 1. In Jakarta: Tim Redaksi Wahyumedia.
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=uc_oDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=yayuk+pembelajaran+matematika+sekolah+dasar&ots=_QzaYlhf5U&sig=opLlTrmk7Csg_Z6ebI-1g10dcvc
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten