ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI KEBONDALEM

Penulis

  • Maftukh Khoirudin Muhammadiyah University of Purworejo
  • Titi Anjani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.772

Kata Kunci:

Kemampuan Numerasi, Matematika, Pecahan

Abstrak

Pendidikan adalah upaya mengubah perilaku individu melalui pembelajaran menjadi pribadi yang lebih baik. Sistem pendidikan di SD saat ini menggunakan AKM yang di dalamnya berisi tentang kemampuan literasi numerasi. Literasi numerasi adalah kemampuan berpikir untuk  menyelesaikan permasalahan matematika yang berkaitan dengan sehari-hari, yang penyelesaiannya menggunakan konsep, prosedur, fakta, serta alat bantu. Permasalahan yang sering muncul adalah permasalahan pecahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi hitung pecahan kelas V SD Negeri Kebondalem. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan numerasi peserta didik kelas V SD Negeri Kebondalem secara keseluruhan dikategorikan rendah. Adapun hasil kemampuan numerasi peserta didik kelas V SD Negeri Kebondalem tersebut dapat dikatakan rendah dikarenakan ditinjau dari aspek: (a) Menafsirkan  Hasil Analisis didapat hasil hanya 1 subjek yang memperoleh skor cukup sedangkan sisanya mendapat skor kurang baik, (b) Keterampilan Berhitung dan Penggunaan Berbagai Macam  Angka  dan  Simbol didapat hasil hanya 1 subjek yang memperoleh skor, dan (c) Kemampuan Menggunakan Bagan, Grafik, Tabel, maupun Diagram didapat hasil semua subjek tidak ada yang memperoleh skor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Muri Yusuf. (2014). Metode penelitian kuntitatif,kualitatif,dan penelitian gabungan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=RnA-DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=metode+penelitian+kuantitatif+kualitatif+penelitian+gabungan&ots=JxdtKoUC9e&sig=-xim5zd8X1cuqrWLsHAv1MqxelY

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=M_UrEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+literasi++strategi+meningkatkan+kemampuan+literasi+matematika+sains+membaca+dan+menulis&ots=_Lcb9Q3S3l&sig=yInkmkzGYJaBo-jOtPEi9hypTQs

Amieni, A., Zulkardi, Z., & Ratu, I. I. P. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII Berdasarkan Kognitif Penalaran Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Sriwijaya University.

Asesmen, P., & Kemdikbud, P. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Jakarta, Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1041

Budiyono, B. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. … Metodologi Penelitian Pendidikan ….

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi untuk sekolah dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2bLpDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA20&dq=literasi+numerasi+untuk+sekolah+dasar&ots=RUWp0y7G66&sig=BtZnTCo0klF4JWOrcWe7rVORWkI

Medhika, L. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MELALUI BENDA KONKRET KELAS II DI SDN PAMOTAN II PORONG. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas …. http://eprints.umsida.ac.id/3127/

Munir Yusuf. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo (p. 126). core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/198238855.pdf

Pembelajarannya, P. A. dan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Pusat Assessment dan Pembelajaran, Jakarta.

Pendidikan, K. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.”

Pengantar, K. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020 1.

Sa’dia, H. (2021). Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari pengetahuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal PISA Konten Space and Shape. digilib.uinsby.ac.id. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/49273

Sari, D. R., Lukman, E. N., & Muharram, M. R. W. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar. FONDATIA. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1387

SARI, S. P., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII dalam Mengerjakan Soal Tipe PISA Materi Aljabar. Sriwijaya University.

Untoro, J., & Indonesia, T. G. (2010). Buku Pintar Pelajaran SD/MI 5 in 1. In Jakarta: Tim Redaksi Wahyumedia.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=uc_oDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=yayuk+pembelajaran+matematika+sekolah+dasar&ots=_QzaYlhf5U&sig=opLlTrmk7Csg_Z6ebI-1g10dcvc

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-17

Cara Mengutip

Khoirudin, M., Anjani, T. ., & Suyoto, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK DALAM PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SD NEGERI KEBONDALEM. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2), 190–199. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.772

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.