PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 09 SITIUNG
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.995Kata Kunci:
Pembelajaran, Interaktif, Peserta didikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi powerpoint pada pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka di kelas IV SDN 09 Sitiung. Karena hasil dari observasi serta wawancara bersama wali kelas IV bahwasan nya rendah nya rasa ketertarikan peserta didik untuk belajar, dengan adanya video pembelajaran interaktif sangat membantu meningkatkan minat belajar peserta didik dengan jumlah peserta didik 8 orang. Peneliti mengembangkan penelitiaan ini menggunakan tahap-tahapan penggunaan metode Reseaarch and Development (R&D) pada model ADDIE yang memiliki langkah penting yang terdapat di dalamnya yakni : 1. Tahap analisis kebutuhan, karakteristik peserta didik, dan kurikukulum (Analyze) 2. Tahap perancangan pembelajaran (Design), 3. Tahap pengembangan yakni mengembangkan produk video dengan menguji kevalidan dengan berupa lembar angket (bahasa, isi/konstruk, dan kegrafikaan), dengan memperoleh persentase nilai akhir dari ketiga validator rata -rata 85% kategori “Sangat Valid”, 4. Tahap impelementasi melakukan uji praktikalitas, efektivitas produk kepada peserta didik dan pendidik dengan lembar anget respon pendidik serta angket respon peserta didik dengan memperoleh persentase 89% kategori”Sangat Praktis” menentukan efektivitas menggunakan angket minat belajar peserta didik setelah menonton video pembelajaran interaktif (Implementation), dengan persentase 87% kategori “Sangat Efektif” 5. Tahap evaluasi dimana tahap mengetahui revisi yang dilakukan dalam produk untuk mengembangkan pembelajaran dari semua tahap-tahap sebelumnya.
Unduhan
Referensi
Ain, N., Fashokha, N., Rohmah, M., Sulthoniyah, L., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2023). JURNAL KAJIAN PEMBELAJARAN DAN KEILMUAN Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023 Halaman 9-15 PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI. 7, 9–15.
Ardianti, T. R. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan SMK. 4(2), 2879–2892.
Bertha Dharma, Universitas Sanata, 2021. (2021). No Title. 4(2), 94–99.
Ence, Ulfa, S., Malang, U. N., Duananda, M., Degeng, K., Malang, U. N., Susilaningsih, S., Malang, U. N., Slamet, T. I., Malang, U. N., Husna, A., Malang, U. N., Muzaki, F. I., Pendidikan, I., Malang, U. N., & Pratama, U. N. (2020). JKTP : JURNAL KAJIAN DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN. 3.
Friantini, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., & Guru. (2017). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA. Friantini 2017, 4(1).
Karangmalang, D., Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Jurnal basicedu. 5(5), 3940–3949.
Kirna, T. and kirna 2013. (1829). ______________________________________________________________________ Pengembangan Bahan Ajar .................................... I Made Tegeh dan I Made Kirna (12 - 26). 2.
Kurniawan, media pembelajaran. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 15(2), 97–108. https://doi.org/10.37729/autotech.v15i2.528
Mutia, R., & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Nasution, S. W. (2022). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. 1, 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Dengan Fungsi Hyperlink. 4(2), 258–267.
Rihani, A. L., Maksum, A., Nurhasanah, N., & Jakarta, U. N. (2022). STUDI LITERATUR : MEDIA INTERAKTIF ISPRING SUITE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. 7.
Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. 169–182.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. 4(1), 122–130.
Tanjung, M. R., Parsika, T. F., Interaktif, P., & Pustaka, K. (2014). PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ORIGAMI DENGAN PENDEKATAN ADDIE. 3, 128–133.
Wulan, S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 5313–5327.
Zaini, M. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Berbasis Adobe Premiere Pro … . 9, 349–361.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten