PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i2.1251Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 124394 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA di UPTD SD Negeri 124394 Pematangsiantar. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa yang memperoleh niai rata-rata pretest 49,6. Sedangkan setelah diberikan perlakuan menggunakan Media Video Animasi dapat diperoleh niai rata-rata posttest 86,72. Berdasarkan hasil uji analisis data setelah dilakukan hasil pretest dan posttest maka diperoleh hasil uji N-gain skor sebesar 0,11241 dan hasil uji N-gain persen sebesar 11, 24141 jika thitung > ttabel maka Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Video Animasi ini sudah efektif diterapkan.
Unduhan
Referensi
. N. M. J. D., . S.Pd., M.For., D. K. N. S. P., & . M.Hum, D. N. N. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa . Mimbar Pgsd Undiksha, 5(2 Se-Articles). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V5i2.10657
Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Peranan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 019 Tanjung Sawit Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1), 71–79. Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V3i1.1385
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. Https://Doi.Org/10.32584/Jpi.V5i1.926
Andini, N. P., Jumroh, S. F. Al, & Putra, T. Y. (2021). Pengaruh Media Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Di Kelas Viii Smp It Nurul Yaqin Kabupaten Sorong. Frasa: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(2), 60–67.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil, 9(1), 9–18. Https://Doi.Org/10.21009/Jpensil.V9i1.12905
Bahtiar, B., Kafrawi, M., & Yeni, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Media Film Animasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Mts. Al-Intishor Sekarbela. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 207. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i2.2876
Friska, S. Y., Amanda, M. T., Novitasari, A., & Prananda, G. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran Ipa Kelas Iv Di Sd Negeri 08 Sungai Rumbai. Pendipa Journal Of Science Education, 6(1), 250–255. Https://Doi.Org/10.33369/Pendipa.6.1.250-255
Hadiah Tullah, N., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 821–826. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i2c.587
Halmuniati, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jipi (Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa), 6(4), 332–340. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jipi.V6i4.27199
Harsela, J. (2023). Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan. 16(1), 16–25.
Helvina, M., Noeng, A. Y., & Timba, F. N. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Selama Pandemi Covid-19. Tunas Nusantara, 3(2), 379–386. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34001/Jtn.V3i2.2700
Ivo Rohma Dwitha Turnip, Yanti Arasi Sidabutar, C. L. S. (2024). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V. Indonesian Research Journal On Education, 4(4), 2683–2686.
Jasmanto, A., Putra, B., & Novrita, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 66–71. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i1.3352
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1), 158. Https://Doi.Org/10.30821/Biolokus.V2i1.442
Khomaidah, S., & Harjono, N. (2019). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Indonesian Journal Of Educational Research And Review, 2(2), 143. Https://Doi.Org/10.23887/Ijerr.V2i2.17335
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 110–115. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i1.1665
Maharani, A., Rini, R., & Sugiman, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(17).
Mahatir, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Minat Belajar Murid Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Di Sd Anak Bangsa Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nadia, N., Wardiah, D., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Ip. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 133–139. Http://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative/Article/View/157
Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Sman 11 Makassar. Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/19283
Pandiangan, E. F., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Tema 1 Subtema 2 Uptd Sd Negeri 122353 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 4146–4156. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i5.7270
Pratiwi, N., Sudirman, H., & Jauhar, S. (2022). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Narasi: Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(2), 97–108.
Rahmawati, N., Dorahman, B., Nurul, N., Puspita, D. R., & Latifah, N. (2022). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 4581–4586. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i5.7358
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(3).
Saleh, M., & Andhini, L. W. A. W. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 73(2).
Saleh, M., & Woro Andhini, L. W. A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Wahana, 73(2), 236–247. Https://Doi.Org/10.36456/Wahana.V73i2.5539
Sari, I. Y., & Manurung, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Powtoon Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Iii Sdn Gudang Tigaraksa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(3), 1015–1024. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V2i3.809
Saroinsong, K. H., Pardanus, R. H. W., & Sojow, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan Di Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 251–267. Https://Doi.Org/10.53682/Edutik.V1i3.1544
Sidabutar, Y. A., Hs, D. W. S., Tambunan, M. A., Purba, N., & Sihombing, L. N. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Smarthphone Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 567. Https://Doi.Org/10.32884/Ideas.V9i2.1254
Sijabat, M., Sirait, J., & Sidabutar, Y. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 2 Di Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(5), 6566–6575.
Sintya Hayaturrohmah, Mahmud Alpusari, G. (2022). Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial). Pdfs.Semanticscholar.Org, 9(2), 83–88.
Sri Hariati, P. N., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V6i1.1657
Suminto, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Kartun Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Negeri 05 Madiun. Likhitaprajna, 21(1), 92–101.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1129
Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V2i2.4089
Susanti, S., Raharjo, T. J., & Ngabiyanto, N. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Terhadap Pembelajaran Ips Materi Keberagaman Budaya Bangsa Berbantuan Quizizz. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 502–508. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Jkp.V5i3.22929
Syaifudin, F. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Mi Ma’arif Ngrupit Ponorogo. Iain Ponorogo. Http://Etheses.Iainponorogo.Ac.Id/Id/Eprint/8437
Syarhoh, U. M., Siddik, M., & Mulawarman, W. G. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Foto Dan Video Animasi Karikatur Terhadap Kemampuan Peserta Didik Dalam Memahami Teks Anekdot Siswa Kelas X Sma. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 641–652. Https://Doi.Org/10.30872/Diglosia.V5i3.443
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten