PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM DI KELAS X

Authors

  • Ika Royani Lumban Gaol Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Dame Ifa Sihombing Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan
  • Lolyta Damora Simbolon Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1229

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Keterampilan sosial, Hasil belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi sejauh mana model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan sosial serta hasil belajar matematika peserta didik. Pokok bahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penyajian data dalam bentuk diagram, yang diajarkan kepada peserta didik kelas X di SMAS Katolik Mariana Medan pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan satu kelas sebagai sampel berjumlah 30 peserta didik, yang diperoleh melalui teknik total sampling. Kelas eksperimen diajarkan dengan model Project Based Learning (PjBL). Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket untuk menilai Keterampilan sosial, tes untuk mengukur Hasil belajar Matematika, serta lembar observasi sebagai instrumen pendukung.Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,00, yang berada di bawah taraf signifikan 5% (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan sosial dan Hasil belajar Matematika peserta didik pada materi penyajian data dalam pembelajaran berbasis diagram di kelas X SMAS Katolik Mariana Medan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan sosial sebesar 86% dan terhadap Hasil belajar Matematika peserta didik sebesar 87%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ika Royani Lumban Gaol, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan

Dame Ifa Sihombing, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan

Lolyta Damora Simbolon, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan

Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan

References

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi Stem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 202. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V2i2.8561

Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik: Dampak Pjbl-Stem Pada Materi Ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 7(2), 158–170. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V7i2.42441

Dewi, S. S., Acesta, A., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Di Kelas. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Evitasari, A. D., & Nurjanah, T. (2019). Optimalisasi Hasil Belajar Ipa Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri Petarangan. Prosiding Seminar Nasional Pgsd Ust, 1(1).

Fatimah, P., & Makki, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Of Classroom Action Research, 5(Specialissue), 51–57.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Ip.V10i1.17642

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180

Kamaruddin, I., Subrayanti, D., Viktor Purhanudin, M., Amri, N., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Bina Insani Sakti, A., & Sri Sudewi Maschun Sofwan Kawasan Sentiong Kec Sungai Bungkal, J. D. (2024). Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis. Journal On Education, 06(03), 17734–17743.

Kreatif, B., Dan, M., & Sosial, K. (2024). Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika. 4.

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills And Creativity Journal, 3(1), 18–27. Https://Doi.Org/10.23887/Tscj.V3i1.24661

Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Menggunakan Model Inkuiri Dan Project Based Learning (Pjbl) Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43–49. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v28i12019p043

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8(3), 116–119.

Mangkurat, L. (2024). Hasil Belajar Matematika Dan Motivasi Belajar Siswa Serta Aktivitas Guru Dalam Integrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning , Rhealistic Mathematic Education Dan Snowball Throwing Mathematics Learning Outcomes And Student Learning Motivation And Te. September, 131–143.

Meriza, D., Mulbasri, A. S., & Nurhayati. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas Xi. 5 Sma Negeri 15 …. Jurnal Sinar Edukasi, 04(03), 23–30.

Misidawati, D. N., Ernawati, F. Y., & Shofwani, S. A. (2021). Penerapan Model Project Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajarmata Kuliah Public Relationdi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(4), 2005–2012. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i4.1757

Nasution, N. L. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pos Pemeriksa Rantauprapat. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 2(2), 143–151. Https://Doi.Org/10.36987/Ecobi.V2i2.1555

Ningrum, A. P., Tindangen, M., & ... (2023). … Kemampuan Literasi Peserta Didik Dengan Menggunakan Adaptasi Model Project Base Learning (Pjbl), Problem Based Learning (Pbl), Kooperatif, Dan Soal Hots …. … Seminar Nasional Ppg …, 73–80.

Pramesti, D., Probosari, R. M., & Indriyanti, N. Y. (2022). Effectiveness Of Project Based Learning Low Carbon Stem And Discovery Learning To Improve Creative Thinking Skills. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3(3), 444–456. Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V3i3.156

Rahayu, D., Muttaqien, M., & Solikha, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Educandy Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi, 1(2), 234–246. Https://Doi.Org/10.60132/Edu.V1i2.149

Rahmanuddin, F., Sudarmiatin, S., & Wahjoedi, W. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipetwo Stay Two Stray Dengan Outdoor Study Terhadap Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Ipa Pada Kelas V. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(8), 1269. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V6i8.14959

Rismawati, Idawati, & Fitri Yanty Muchtar. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ips Murid Sd Inpres 5/81 Ponre-Ponre Kabupaten Bone. Jkp: Jurnal Pendidikan Khasanah, 2(1), 120–126. Https://Doi.Org/10.58738/Jkp.V2i1.218

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. Https://Doi.Org/10.55623/Au.V2i1.18

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect Of Project-Based Learning Assisted By Electronic Media On Learning Motivation And Science Process Skills. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 1(1), 22–29. Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V1i1.5

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4390

Silvia Masithoh, A., & Wijayanti, A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Diagram Garis Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas Iv Sd. 7(1), 1–7.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.

Sukmawati, E., Imanah, N. D. N., & Rantauni, D. A. (2023). Implementation And Challenges Of Project-Based Learning Of Steam In The University During The Pandemic: A Systematic Literature Review. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1). Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V9i1.25177

Suriani, A. I. (2021). Kontinuitas Dan Perubahan Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar Secara Keterampilan Sosial Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(9), 1474. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V6i9.15019

Utami, S., & Pitra, D. H. (2023). Pembentukan Civic Skill Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Kewarganegaraan. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 186–193. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V8i1.1219

Vegetari, A. G., Widiati, U., & Soetjipto, B. E. (2021). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Penerapan Model Fan N Pick Dan Inside Outside Circle Di Sekolah Dasar. State University Of Malang.

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 2(1), 47. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsi.V2i1.17222

Yuliana, C. (2020). Project Based Learning, Model Pembelajaran Bermakna Di Masa Pandemi Covid 19. Accessed On Http://Lpmplampung. Kemdikbud. Go. Id/Po-Content/Uploads/Pjbl-Edit_Cecil_052020. Pdf.

Yunita, Y. (2023). Pengaruh Penyesuaian Sosial, Dukungan Sosial Dan Keterampilan Sosial Sebagai Moderator Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Di Sekolah. Indonesian Journal Of Social Science Education (Ijsse), 5(1), 41–50.

Published

2025-08-24

How to Cite

Lumban Gaol, I. R., Sihombing, D. I., & Simbolon, L. D. (2025). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM DI KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3). https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1229

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.