EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.121Kata Kunci:
Efektivitas, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep, Penalaran Matematis,, Fungsi KuadratAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa pada materi fungsi kuadrat kelas X di smk negeri 14 Medan T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik di kelas X SMK negeri 14 medan. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik simple random sampling, diperoleh kelas eksperimen X-TKP dan kelas kontrol X-TITL. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, data dianalisis menggunakan analisis inferensial dan deskriptif, hasil analisis menunjukkan bahwa data kemampuan pemahaman konsep memenuhi uji prasyarat, berdistribusi normal dan homogen. Uji t (α = 0,05) diperoleh terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Demikian pula, hasil penalaran matematis memenuhi uji prasyarat berdistribusi normal dan homogen. Uji t (α = 0,05) diperoleh terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Hasil dari penelitian diperoleh pada kemampuan pemahaman konsep siswa memenuhi indikator efektivitas sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Demikian pula, hasil data kemampuan penalaran matematis memenuhi indikator efektivitas sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Unduhan
Referensi
Alawiyah, A., & Ni’mah, K. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas Ix Pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Asesmen Mind Map. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 305–310.
Amalia, A., Hartini, S., & Gunadi, F. (2020). Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional …, 64–72.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745
Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Materi Pokok Hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1), 17. https://doi.org/10.29303/cep.v3i1.1450
Azmi, N., & Yunita, R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Kuadrat Di Kelas X MAN 6 Aceh Utara. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.513
Benjamin, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa. Jurnal Dunia Ilmu, 3(1), 1–13.
Dewi, A. U. (2021). CURRICULUM REFORM IN THE DECENTRALIZATION OF EDUCATION IN INDONESIA: EFFECT ON STUDENTS’ ACHIEVEMENTS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1), 158–169. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.33821
Evangelina, Y. S., Dasa, N., Putri, F., Pratini, H. S., Dharma, U. S., Dharma, U. S., & Dharma, U. S. (2023). HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN BANTUAN APLIKASI.
Fitriyah, I. J., Affriyenni, Y., & Hamimi, E. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Biormatika : Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(2), 122–129. https://doi.org/10.35569/biormatika.v7i2.1017
Hidayati, P., Syafrizal, & Fadriati. (2023). Limas PGMI : Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYANYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Limas PGMI : Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 46–58.
Hiltrimartin, C., & Pratiwi, Y. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 46–54.
Jabar, A., & Lestari, D. (2018). Tersedia Daring pada http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math. 4(1), 1–10.
Julaeha, S., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 663–670. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.663-670
Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan. Manajemen Keuangan Pendidikan, 6(Teori Kinrja), 67–94.
Kusuma, J. W., Nur, M., & Ningsih, E. C. (2023). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bilangan di MTS Al-Khairiyah Pontang …. Journal on Education, 05(03), 9734–9740.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (Red); 3rd ed). PT Refika Aditama.
Masturah, R., Zubaidah, T., & Khairunnisak, C. (2021). Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS pada Materi Aljabar. Jurnal Peluang, 9(2), 2685–1539. https://doi.org/10.24815/jp.v9i2.26488
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Munasiah, M., Solihah, A., & Heriyati, H. (2020). Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matriks. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6231
Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113
Nursida, N., Rijal, S., & Asri, W. K. (2022). Analisis Intrinsik Tiga Lagu dalam Pembelajaran Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/.v1i2.37387
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Aritmatika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 157. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1334
Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., & Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i1.892
Ruli, R. M., Priatna, N., Sufyani, P., & Endang, M. (2018). Analysis Learning Obstacle on Quadratic Function Topic. International Journal of Information and Education Technology, 8(9), 681–684. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.9.1122
Sari, C. P. M., Puspitaningrum, R., Nailufar, F., & Khairisma, K. (2022). Literasi Keuangan Melalui Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Gampong Blang Raleu Kecamatan Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Ekonomi Dan Sosial (JPES), 1(2), 12–17.
Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING ( GUIDED INQUIRY ) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pembelajaran yang berpusat pada siswa . Namun kenyataannya kegiatan be. Saintifika; Jurusan PMIPA, FKIP, Universitas Jember, 18(1), 49–63.
Sukmawati, S., Amrullah, A., Hikmah, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 106–110.
Tahir, T., & Marniati, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Miskonsepsi Matematis Siswa Sd Negeri 1 Lalolae. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 6(2), 34. https://doi.org/10.24269/silogisme.v6i2.4138
Uki Sajiman, S., & Hasbullah. (2023). Metode Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA di Kabupaten Bekasi. Original Research Correspondence Address: Jln. Nangka, 58(58), 287–292.
Vivitri, M., & Sunardi, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dengan Mengoptimalkan Metode Ekspositori Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 152–163. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2898
Wahyuningrum, A. S., & Latifah, T. (2020). Investigating mathematical conversation in remote learning of mathematics during the covid-19 pandemic. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 148–162. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34841
Yanti, A. W., Kusumawardani, A. D. P., Rohmah, F. M., & Kulsum, U. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kilpatrick. MUST: Journal Of Mathematics Education, Science and Technology, 7(1), 30–49.
Yuda, E. K., & Rosmilawati, I. (2024). Literasi Numerasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Indikator PISA 2023; Systematic Literatur Review. Journal of Instructional Development Researches, 4(2), 172–191.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten